Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Roster, Wazte dan Tur Desa Jadi Tim Terbaik Bootcamp Yogyakarta

MAJALAH ICT – Jakarta. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan sebuah gerakan untuk mewujudkan Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020. Saat ini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Yogyakarta telah mencapai tahap Bootcamp.

Sebanyak 13 tim yang berhasil melewati tahapan Hacksprint, melaju ke tahap berikutnya yaitu Bootcamp yang digelar di Grhatama Pustaka Yogyakarta, pada tanggal 25-27 November 2016. Pada fase Bootcamp peserta akan membuat purwarupa dari produk yang diciptakan dan diharapkan dapat membuat sebuah strategi bisnis yang solid, berkesinambungan sebelum dilepas ke publik.

Selama tiga hari pelaksanaan Bootcamp, peserta mendapatkan materi pembelajaran mengenai pengembangan produk, desain, dan marketing melalui talks, 1-on-1 mentoring, dan bekerja dalam tim untuk menyelesaikan produk mereka.

Pada sesi Final Pitching di hari terakhir, setiap tim akan mempresentasikan produk yang telah dibuat di depan para juri yang berkompeten di bidangnya dan setelah itu barulah dilakukan penjurian. Dari 13 tim yang mengikuti Bootcamp akan di seleksi 3 tim terbaik untuk masuk ke tahap Inkubasi.

Adapu tiga tim terbaik Bootcamp Yogyakarta yang lolos ke tahap Inkubasi adalah Roster yang menawarkan solusi memberi pakan ayam broiler otomatis dan terintegrasi IoT, sehingga peternak dapat menjadwal pemberian makanan secara teratur, kemudian Wazte yang merupakan aplikasi bank sampah virtual yang memudahkan warga untuk menukar sampah terpilah dengan uang elektronik yang dapat dibelanjakan online serta Tur Desa sebagai aplikasi wisata desa yang mudah diakses, menawarkan pengalaman yang berbeda dan bebas rasa sesal.

Tiga tim terbaik yang lolos ke tahap Inkubasi akan di tuntut untuk dapat mengembangkan bisnis dan produknya. Seluruh tim juga akan difasilitasi ruang untuk bekerja serta perlengkapannya, hingga akses ke pihak lain agar dapat berkolaborasi dengan tim mereka.