Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

RPP Tata Kelola Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik Dikonsultasikan ke Publik

MAJALAH ICT – Jakarta. Menindaklanjuti amanat pasal 16A dan Pasal 16B Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, pemerintah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tata Kelola Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik. Rancangan tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo berdasarkan Surat Sekretaris Negara Nomor: B-169/M/D- 1/HK.02.03/04/2024 tertanggal 3 April 2024.

RPP tentang Tata Kelola Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik mengatur beberapa hal, seperti Ketentuan Umum mengenai definisi terminologi-terminologi yang digunakan di dalam batang tubuh dan ruang Lingkup Penyelenggara Sistem Elektronik.

Kemudian, Tanggung Jawab Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Produk atau Layanan Digital yaitu Kepentingan terbaik Anak dalam menyelenggarakan Produk atau Layanan Digital, Kesesuaian usia Anak yang mengakses atau mungkin mengakses Produk atau Layanan Digital, Penilaian Dampak Pelindungan Data, Penerapan langkah teknis dan operasional yang memberikan jaminan usia yang tepat dalam menggunakan atau mengakses Produk atau Layanan Digital, Pengaturan Konfigurasi Produk atau Layanan Digital.

Kemudian penerapan ketentuan, aturan, atau kebijakan tentang Produk dan Layanan Digital, mengatur ketentuan larangan untuk melakukan profiling, dan memproses Data Pribadi Anak yang tidak diperlukan dalam menyediakan atau menyelenggarakan Produk atau Layanan Digital. Larangan untuk pengumpulan Data Geolokasi. Pantauan Orang tua, penyediaan Fitur yang dibutuhkan anak serta kewajiban dalam hal menyediakan mainan atau perangkat yang memungkinkan mainan atau perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Dalam menyusun RPP tersebut di atas, Direktorat Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo telah mengadakan rapat dengan Kementerian/Lembaga terkait pada tanggal 17 April 2024, 3 Mei 2024 dan 7 Mei 2024. Guna memperkuat partisipasi masyarakat yang bermakna (meaningful participation), Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika telah mengadakan Konsultasi Publik yang melibatkan pemangku kepentingan, antara lain PSE pada tanggal 13 Mei 2024, Anak, Orang Tua dan Guru pada tanggal 18 Mei 2024.

“Dalam rangka melaksanakan ketentuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan beserta perubahannya, terkait peran serta masyarakat dalam penyusunan peraturan perundang-undangan, dipandang perlu dilakukan konsultasi publik atas RPP tersebut. Untuk penyempurnaan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan atas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tata Kelola Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik dilaksanakan konsultasi publik dari tanggal 16 Mei s.d 31 Mei 2024. Masukan/tanggapan dapat disampaikan kepada Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melalui surat elektronik kepada hkaptika@kominfo.go.id,” terang Kominfo dalam Siaran Pers-nya.