Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Saat Pemilu Trafik Data Indosat Naik 18,37% Jadi 210 TeraByte

MAJALAH ICT – Jakarta. Meski terjadi lonjakan yang signifikan, pelanggan Indosat tetap berkomunikasi dengan lancar dan nyaman selama berlangsungnya Pemilu Legislatif 9 April 2014 kemarin, didukung oleh performansi jaringan Indosat yang tetap dapat mengatasi melonjaknya trafik telekomunikasi selama belangsungnya hajatan politik nasional tersebut. Tidak ada kendala berarti yang dikeluhkan pelanggan kemarin, secara nasional seluruh pelanggan Indosat dapat tetap berkomunikasi dengan baik.

Adapun kenaikan trafik telekomunikasi Indosat terjadi untuk jenis layanan seluler yang meliputi suara (voice), SMS dan data. Untuk layanan data, trafik data Indosat mengalami lonjakan 18,37% dibandingkan dengan trafik normal harian di bulan Maret 2014. Total trafik data (2G dan 3G) selama sehari saat berlangsungnya Pemilu Legislatif kemarin adalah 210 TeraByte. 

“Kami bersyukur jaringan Indosat tetap dapat melayani pelanggan dengan baik dan mampu mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi yang terjadi pada saat Pemilu Legislatif 9 April 2014. Hal ini tidak lepas dari upaya kami untuk terus menjaga performansi jaringan terutama dalam menghadapi potensi lonjakan trafik di momen-momen besar nasional seperti Pemilu Legislatif kemarin,” demikian disampakan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Sementara untuk trafik voice (telepon), terjadi peningkatan sebesar 12% dibandingkan dengan trafik suara normal harian di bulan Maret 2014, dengan total trafik sebesar 368 juta menit/hari. Kenaikan trafik suara tertinggi di Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan dan disusul kemudian Jawa Tengah.

Sedangkan trafik SMS naik 10% dibanding trafik normal harian di bulan Maret 2014, dengan total trafik SMS sebesar 791 juta SMS/hari dan dengan tingkat kesuksesan pengiriman SMS sebesar lebih dari 96%. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur, kemudian disusul dengan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kesiapan jaringan Indosat selama Pemilu Legislatif ini juga didukung dengan diperasikannya Command Center, yaitu pusat pemantauan jaringan secara lebih intensif yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan sebelum, selama dan sesudah Pemilu Legislatif secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi. 

Secara nasional, hingga akhir tahun 2013, Indosat melayani total pelanggan seluler sebesar 59,6 juta pelanggan yang didukung dengan jumlah BTS sebesar 24.280 BTS.