Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Sambut Televisi Digital, Televisi Terestrial Mulai Dimatikan

MAJALAH ICT – Jakarta. Penyelenggara televisi terestrial secara bertahap mematikan siarannya dan masyarakat yang ingin tetap menikmatinya mesti menyediakan set top box.

"Hal ini sebagai persiapan migrasi ke televisi digital. Terutama di daerah-daerah, sudah mulai dilakukan, di mana agar masyarakat tetap bisa menonton siaran free to air harus menyediakan set top box," ujar Menkominfo Tifatul Sembiring.

Menurut dia, pemadaman televisi terestrial dilakukan secara bertahap mulai 2010 sampai 2018.

Pemerintah membuka peluang tender untuk penyelenggaraan penyiaran multiplexing dalam rangka penyelenggaraan penyiaran televisi digital terestrial penerimaan tetap tidak berbayar (free to air). Peluang usaha ini, akan diberikan kepada lembaga penyiaran swasta jasa penyiaran televisi.

Untuk bisa menyelenggarakan penyiaran televisi digital terestrial itu, pemerintah telah menandatangani Keputusan Menteri Kominfo No. 95/KEP/M.KOMINFO/2/2012, tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Penyiaran Multipleksing Pada Penyelenggaraan Penyiaran Televisi Digital Terestrial Penerimaan Tetap Tidak Berbayar (Free To Air).

Untuk tahap awal, layanan ini dibuka di Zona Layanan 4 (DKI Jakarta dan Banten), Zona Layanan 5 (Jawa Barat), Zona Layanan 6 (Jawa Tengah dan Yogyakarta), Zona Layanan 7 (Jawa Timur) dan Zona Layanan 15 (Kepulauan Riau).