Search
Senin 15 April 2024
  • :
  • :

Satelit Telkom-1 Bermasalah, Layanan ATM Perbankan dan TV Semaput

MAJALAH ICT – Jakarta. Satelti Telkom-1 milik operator telekomunikasi terdepan di Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia bermasalah. Akibatnya, ribuan ATM perbankan dan layanan siaran televisi stasiun yang menggunakan satelit ini  mengalami gangguan.

Perbankan yang terdampak gangguan satelit ini seperti BCA. Sebanyak 5.000 ATM Bank BCA mengalami gangguan karena adanya anomali pada satelit Telkom I yang diluncurkan pada 1999.

Dijelaskan Direktur Utama PT Bank BCA, Jahja Setiaatmaja, akibat dari peristiwa ini, sekitar 30 persen dari total ATM Bank BCA mengalami gangguan. Selain itu, sebanyak 100 kantor kas pun ikut terdampak. “Ada 5.000 ATM yang offline, atau 30 persen dari total ATM dan 100 kantor kas,” kata Jahja.

Ditambahkannya, pihaknya melakukan upaya perbaikan agar layanan kembali berfungsi normal. Dari 100 kantor kas yang terdampak, baru 65 kantor kas yang sudah pulih dan dipastikan pada Senin sudah beroperasi normal.

Sementara itu, stasiun televisi yang terdampak Satelit Telkom-1 seperti stasiun TVRI, kemudian juga RRI. Ada juga Trans7, ANTV, TV dan Radio Timor Leste serta CNN Indonesia.