Search
Selasa 16 Juli 2024
  • :
  • :

SBY ke Swedia, Ericsson Dapat Proyek dari Telkom

MAJALAH ICT – Jakarta. Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan ke Swedia di Minggu ini menjadi kunjungan yang penting bari Ericsson, perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi. Ericsson mendapatkan proyek dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk membangun jaringan telekomunikasi di Timor Leste. Sebagaimana diketahui, sejak tahun lalu Telkom sudah masuk ke Timor Leste untuk memberikan layanan telekomunikasi seluler, dengan nama Telkomcel.

Selain dengan Ericsson, berdasar nota kesepahaman antara Pemerintah RI dan Swedia, Presiden SBY juga mendapat kepastian dan komitmen beberapa perusahaan Swedia lain seperti IKEA, H&M, dan perusahaan mobil listrik Swedia, Clean Motion, ada juga ABB, kemudian perusahaan dirgantara dan pertahanan Swedia, SAAB AB yang akan berinvestasi di Indonesia.

ABB siap untuk membangun dua pembangkit listrik baru di Jawa. Satu pembangkit berkapasitas menengah akan berlokasi di Tangerang dan berkapasitas rendah di Cibitung. ABB akan menyiapkan investasi sebesar 25 juta dolar AS untuk masing-masing pembangkit. Sementara itu, IKEA juga akan membuka outlet di Indonesia dimana  pertama berlokasi di Alam Sutera, Tangerang, pada Juli 2014, dan ada kemungkinan untuk bertambah menjadi tiga.

Sedangkan toko fashion H&M juga akan membuka dua toko pada September tahun ini, yang berlokasi di Gandaria City dan Pondok Indah. Pada Maret 2014, H&M akan membuka toko di Grand Indonesia. Sedangkan SAAB AB akan menjalin kerja sama dengan BP Batam untuk menerapkan Swedish Eco Airport di Bandara Batam. Clean Motion AB sebagai produsen mobil listrik ini akan meluncurkan produk perdana berbentuk seperti Bajaj, bernama ZBee di Balaikota Jakarta 12 Juni mendatang.