Search
Selasa 18 Juni 2024
  • :
  • :

SBY: Negara Kok Jadi Begini. Penyebar Hoax Berkuasa dan Merajalela

MAJALAH ICT  – Jakarta. Soal kabar bohong atau hoax, ternyata juga menjadi perhatian Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Lewat cuitannya di Twitter, SBY menyatakan keprihatinannya mengenai hoax. Namun entah ditujukan pada siapa, SBY menyatakan bahwa penyebar hoax lah yang kini berkuasa.

Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar “hoax” berkuasa & merajalela. Kapan rakyat & yg lemah menang? *SBY*,” tulis SBY di akun @SBYudhoyono. Tanda *SBY* diartikan sebagai bahwa SBY langsung lah yang menulis kicauan tersebut.

Hingga berita ini dimuat, kicauan SBY ini telah mendapat retweet sebanayk 12 ribu kali, dengan like sebanyak 11 ribu. Dan ada sekitar 6 ribu akun merespons cuitan SBY.

Sebagaimana diketahui, selain SBY, Presiden RI Joko Widodo telah beberapa kali mengungkapkan kegusarannya mengenai pemanfaatan media sosial dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Menurut Jokowi, media sosial kita dipenuhi fitnah, ujaran kebencian dan bahkan kabar bohong atau hoax, yang berdampak terhadap kehidupan bangsa. Setelah Jokowi berulang kali bicara soal ini, beberapa Kementerian dan oenegak hukum segera turun tangan untuk mencoba membereskan isu ini. Dan Perang Melawan Hoax inilah yang kami angkat sebagai Laporan Utama Majalah ICT No.52-2017 ini. Untuk membaca/mengunduh Majalah ICT edisi terbaru ini silakan klik di sini.