Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

SBY Nilai BRI Punya Satelit Merupakan Tonggak Sejarah

MAJALAH ICT – Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat bangga menyambut rencana pembangunan dan peluncuran satelit Bank Rakyat Indonesia (BRI). Menurut SBY, hal ini menjadi tonggak sejarah karena BRI menjadi bank pertama yang memiliki satelit.

"Ini jadi tonggak sejarah, BRI jadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnisnya," sambut Presiden SBY. Karena itu, SBY mengapresiasi jajaran menteri dan pihak yang terkait dalam mempermudah langkah BRI dalam mewujudkan rencananya mengoperasikan satelit sendiri. Sebelumnya, selain mendapatkan dukungan dari Kementerian BUMN, BRI juga telah mendapatkan izin pengelolaan slot orbit 150.5 Bujur Timur dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada BRI atas prakarsa dan upaya gigihnya untuk membeli dan mengadakan satelit agar usahanya makin pesat berkembang di Tanah Air," kata SBY saat penandatanganan kerja sama antara BRI, SSL, dan Arianespace di Jakarta. Satelit BRI sendiri akan dibuat dan diorbitkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. 

Satelit BRI rencananya akan diberi nama BRISat dan akan mengorbit pada 2016. Jumlah transponder dari satelit itu sebanyak 45 buah dengan jangkauan mencakup wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur Laut, sebagian Pasifik dan Australia Barat. BRI telah mempersiapkan dana hingga 250 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,5 triliun untuk pengadaan satelit tersebut.