Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Sebanyak 12 Startup Akan Bertarung di IDByte 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. IDByte juga akan menampilkan karya dari 12 finalis startup hunt dari empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Tiga perusahaan lokal terbaik akan memperoleh penghargaan pada malam puncak Bubu Awards ke-8 dan berkesempatan untuk mengikuti perjalanan Geeks on a Plane berikutnya ke Timur Tengah, menghadiri sesi pendampingan bersama pengusaha Sandiaga Uno, kesempatan mendapat investasi dari Dave McClure, serta kesempatan memenangkan hadiah tunai dari Indonesia Setara sebesar Rp25 juta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik ajang IDByte sebagai wadah bagi startup Indonesia mengembangkan kreativitas serta memperoleh ilmu dan informasi terkini mengenai teknologi digital.

Acara yang terdiri dari IDByte Workshop (11-12 Juni 2013) dan IDByte Conference (13 Juni 2013) dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

"Pengembangan ekonomi kreatif menjadi agenda penting bagi pemerintah dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia Indonesia dan pertumbuhan ekonomi rakyat. Tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan termasuk swasta dalam membuka seluas-luasnya kesempatan dan menjaring sebanyak-banyaknya potensi yang ada di masyarakat," ujar Mari, Selasa (11/6).

Menurut Menteri Parekraf, ajang seperti IDByte adalah salah satu contohnya. Mari berharap ajang seperti IDByte dapat terus dilaksanakan dan membantu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Dalam acara IDByte akan dihadirkan pembicara dari perusahaan-perusahaan digital terkemuka di dunia yang akan berbagi kiat-kiat dan wawasan yang penting untuk membangun bisnis startup terutama di industri teknologi digital.

Acara yang digelar setiap dua tahun tersebut telah diselenggarakan sejak 2011 sekaligus sebagai ajang perluasan jaringan, unjuk teknologi, dan inovasi terbaru serta sebagai ajang pencarian bibit-bibit startup terbaik di Indonesia.

"Mimpi menjadi perusahaan kelas dunia bagi para startup saat ini bukanlah sesuatu yang jauh dari harapan. Inovasi teknologi yang semain canggih dan memudahkan konektivitas dengan masyarakat dunia merupakan salah satu kunci utama mewujudkan impian tersebut. Inilah pesan dan semangat yang ingin kami sampaikan kepada seluruh startup di Indonesia," ujar Shinta Dhanuwardoyo, Founder dan Chairman Bubu.

Beberapa pembicara terkemuka yang akan hadir dalam acara IDByte Conference 2013 antara lain Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan RI), Mark Kircshner dari RAKUTEN WorldWide, Dave McClure dari 500 Startups, Dan Neary dari Facebook, Troy Malone dari Evernote, dan Sandiaga Uno dari Indonesia Setara.

Selain itu ada pembicara di Worlshop, diantaranya John Kerr (Zeno Group), Aliza Knox dari Twitter, Gautam Anand dari Google, dan Rick Harshman dari Amazon Web Service.

Menurut Dave McCure, perusahaan kelas dunia masa depan harus menyadari bahwa bukan hanya satu faktor saja yang membangun kesuksesan, melainkan upaya bersama dari banyak variabel termasuk tim, produk, pemasaran, akuisisi pelanggan dan monetisasi.

"Tujuan kewirausahaan bukanlah untuk menjadi terkenal dalam satu era saja tetapi membuat perusahaan yang dapat memberikan profit dan terus berkelanjutan," ujarnya.