Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Selamat Tinggal Teknologi CDMA

MAJALAH ICT – Jakarta. Teknologi code division multiple access (CDMA) sempat digadang-gadang menjadi teknologi yang lebih murah dan memiliki kemampuan memberikan layanan data yang lebih baik untuk sejumlah pengguna secara bersamaan. Sekitar tahun 2005-an hingga dua tahun lalu, para oeprator berteknologi CDMA masih mampu bersaing dengan operator berbasis GSM. Namun, alokasi frekuensi yang kecil akhirnya juga membuat bahwa CDMA dengan lisensi FWA misalnya, tidak juga mampu bersaing dengan seluler GSM yang juga kian murah memberikan tawaran layanan.

""Secara teknologi, memang terlihat bahwa CDMA sudah buntu. Perkembangan yang dimulai dari CDMA 2000 1X yang bergerak 1x Advanced.

kemudian CDMA EX-DO, Rel. 0, Rev. A, Rev. B, kemudian berhenti di DO Advanced. DO Advanced untuk uplink mampu hingga 5,4 Mbps sementara untuk downlink mencapai 14,7 Mbps. Namun teknologi ini tidak menyelamatkan diri dari persaingan dari teknologi berbasis GSM sudah demikian maju dengan 3G yang mampu menawarkan kecepatan hingga 45 Mbps. Belum lagi soal alokasi frekuensi, yang rata-rata seperti Telkom Flexi, BTEL dengan Esia-nya, Indosat Star One, maupun Smartfren rata-rata hanya mendapat 5 MHz. Bahkan star One hanya dialokasikan 2,5 MHz. Padahal, sekarang saja untuk bersaing di data 5 MHz dirasa kurang, bahkan operator 3G yang memiliki alokasi 10 MHz perlu menambah frekuensi, sebab ada korelasi antara frekuensi dengan jumlah pengguna yang dapat dilayani secara bersamaan, dengan kecepatan masing-masing pengguna.

Karena itu tidka heran jika Telkom akan melikuidasi Flexi dan menggesernya menjadi pengguna Telkomsel. Hal yang sama akan dilakukan Indosat. Star One akan juga dimatikan dan frekuensi yang ada akan dipakai untuk GSM mereka di 900 MHz yang sekarang juga sudah bisa dipakai untuk 3G. Meski masih dalam proses, nampaknya keputusan melikuidasi tersebut sudah menjadi harga mati. Usaha yang terus merugi, teknologi yang tidak berkembang, akan membuat CDMA hanya akan jadi kenangan.