Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Serangan DDOS Lumpuhkan Beberapa Situs Besar Termasuk Twitter

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebuah serangan DDoS, serangan distributed-denial-of-service, yang menargetkan server penyedia DNS utama Dyn telah dilaporkan melumpuh beberapa situs besar termasuk Twitter, Reddit, Spotify dan offline untuk pengguna situs di AS.

DNS, atau Domain Name Server, sangat penting untuk browsing internet, yang pada dasarnya bertindak laksana buku telepon dengan mempertahankan direktori penuh nama domain dan alamat IP.

Pada tanggal 21 Oktober, sebagaian pengguna mulai melaporkan isu-isu utama mencapai situs web populer, Dyn yang memposting update keamanan untuk website: "Mulai 11:10 UTC pada 21 Oktober 2016 kami mulai memantau dan mengurangi serangan DDoS terhadap infrastruktur manajemen Dyn DNS kami.

"Beberapa pelanggan mungkin mengalami peningkatan latency permintaan DNS dan tertunda propagasi zona selama ini. Serangan ini terutama berdampak di Amerika Serikat bagian Timur dan berdampak pada manajemen DNS pelanggan di wilayah ini. Teknisi kami terus bekerja pada mengurangi masalah ini." Dyn mengatakan bahwa layanan sekarang sedang dipulihkan.

Menurut Gizmodo, pengguna telah melaporkan masalah dengan website seperti Etsy, Box, GitHub, The Verge, Wired, Pinterest, Storify dan Squarespace. Dalam situsnya, Dyn mencatat rentang penuh dari pelanggan high-profile, termasuk BT, CNBC dan D-Link.