Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Serangan DDoS Meningkat, Datacomm Bangun Data Scrubbing Center Bersama Nexusguard

MAJALAH ICT – Jakarta. Datacomm Cloud Business, penyedia layanan cloud di Indonesia, bekerja sama dengan Nexusguard, penyedia solusi keamanan global terhadap ancaman DDoS, berkomitmen untuk membangun data scrubbing center di Indonesia.

Data scrubbing center akan ditempatkan atau co-located di fasilitas pusat data milik Datacomm Cloud Business dan dioperasikan oleh para profesional Indonesia yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam menangani serangan DDoS.

Dengan adanya dukungan dari para profesional Indonesia maka para klien yang berbasis di Indonesia akan mendapat kemudahan akses: kenyamanan dalam melakukan telepon di Indonesia, dengan waktu lokal Indonesia, kepada para profesional yang memahami dan berbicara dalam bahasa Indonesia yang akan memberikan penggunaan sumber daya yang lebih efektif dan efisien dalam hal waktu dan uang, serta menciptakan hubungan bisnis yang lebih baik.

Komitmen Datacomm Cloud Business untuk membangun data scrubbing center di Indonesia ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012 yang salah satunya pasalnya mewajibkan para penyelenggara sistem elektronik untuk menempatkan pusat datanya di Indonesia.

Memahami tumbuhnya kebutuhan untuk memberikan perlindungan kepada organisasi di Indonesia yang bisnisnya berbasis web terhadap meningkatnya ancaman DDoS, Datacomm Cloud Business menerapkan strategi tersebut untuk memperkuat pertahanan organisasi di Indonesia terhadap apa yang dianggap sebagai kejahatan cyber paling mahal di dunia. Lebih dari 50 persen kejahatan cyber di dunia adalah serangan DDoS.

DDoS atau distributed denial of services adalah tindakan jahat yang berupaya untuk menjatuhkan jaringan, aplikasi berbasis web atau service tertentu dengan cara: serangan di level jaringan – memenuhi pipa jaringan dari dan ke internet; serangan di level protocol – mengkonsumsi resource dari server atau perangkat firewall; atau serangan di level aplikasi – memberi beban yang berat terhadap server aplikasi.

Data scrubbing center adalah fasilitas terpusat dimana traffic internet akan dianalisa dan disaring untuk memisahkan data-data ‘mencurigakan’ dan ‘berbahaya’ yang dibawa oleh serangan DDoS dan hanya mengirim traffic yang bersih ke web server pelanggan. Nexusguard, pelopor dalam hal penanganan serangan DDoS, telah mengoperasikan banyak scrubbing center di seluruh dunia. Nantinya, scrubbing center Datacomm Cloud Business akan terhubung ke jaringan global ini, sehingga membuat Datacomm Cloud Business mampu melindungi website organisasi di Indonesia yang menjadi pelanggannya terhadap serangan yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri.

Datacomm Cloud Business, bekerja sama dengan Nexusguard, juga telah menyediakan solusi Datacomm DDoS Protection Services (DPS) yaitu perlindungan web server yang komprehensif terhadap serangan DDoS. Solusi berbasis cloud ini akan menyediakan proteksi terhadap serangan DDoS bagi aplikasi web di web server pelanggan. Didukung dengan teknologi dari Nexusguard yang sudah terbukti mampu melawan serangan DDoS, Datacomm DPS memberikan cara mengatasi serangan DDoS yang sederhana maupun yang canggih dengan solusi keamanan untuk aplikasi web pelanggan.

Sebagai perlindungan tambahan dari serangan DDoS, Datacomm DPS juga memiliki fitur Web Application Firewall (WAF) untuk memberikan perlindungan terhadap serangan hacking ke situs, penanganan serangan SSL, dan web cache untuk meningkatkan kecepatan akses ke website. Datacomm DPS akan memberikan cara mengatasi DDoS attack yang lebih mudah sehingga  pebisnis akan lebih secure dan dapat fokus dalam menjalankan bisnisnya.

Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business mengatakan “Sesuai dengan filosofi Datacomm yaitu ENTERPRISE, SECURE, LOCAL, Datacomm DPS  memiliki kualitas enterprise dengan support yang berada di Indonesia. Kami berkomitmen untuk membangun local scrubbing data center di Indonesia sehingga proteksi terhadap DDoS untuk pelanggan di Indonesia menjadi lebih maksimal.”

Jeremy Lee, Channel Director, South Asia, Nexusguard mengatakan, “Sebagai perusahaan terkemuka dalam pertahanan terhadap DDoS, Nexusguard berada di garis depan dalam menangani serangan DDoS, memberikan keamanan maksimal bagi website, layanan, dan reputasi perusahaan di dunia internet. Kami telah berpengalaman dalam menjaga keamanan cyber bagi perusahaan dan akan memberikan layanan maksimal bagi perusahaan di Indonesia.”