Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Setelah Kalahkan Samsung, Apple akan Mulai Gugat Google

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah mengalahkan Samsung lewat forum mediasi untuk menghindari pengadilan dengan mewajibkan Samsung membayar Rp. 11,1 triliun, kini arah ‘meriam’ Apple, yang menelorkan iOs, diarahkan ke Google sebagai pembesut Android. Ini disebut-sebut sebagai bagian dari strategi Apple yang ingin menghancurkan ekosistem sistem operasi Android.

Sebagaimana dilansir dari Korea Times, ditariknya Google ke medan peratungan paten sebenarnya tidak secara langsung, hal itu setelah Apple kembali menggugat Samsung, yang ternyata melibatkan Google di dalamnya. Menurut Apple, sejumlah  perangkat seri Nexus yang digarap Samsung telah menyalin beberapa perangkat lunak di iOS. Karena itu, Apple menuntut klaim kerusakan paten mencapai 2 miliar dolar AS. Angka gugatan ini  dua kali lipat dari kasus pertama yang membuat Samsung harus membayar denda mencapai Rp. 11,1 triliun ke Apple.

Namun, pengacara Samsung mengklaim, pihaknya tidak menyalin apapun seperti yang dituduhkan Apple terhadap seri Nexus yang dikembangkan secara mandiri oleh Google. Menurutnya, Samsung hanya memproduksinya saja tanpa adanya penambahan sejumlah fitur, sementara desain, hardware, perangkat lunak dan fitur lainnya langsung dari Google.

"Ini akan jadi perang antara Google dan Apple, bukan lagi antara Apple dengan Samsung,” imbuh Yoon Seon Hee, ketua Asosiasi Hukum Industri Properti Korea. Dan hal ini, kata Seon Hee, merupakan bagian strategi Apple yang ingin menghancurkan ekosistem platform Android di pasar perangkat mobile. Hal itu, tambahnya, karena Apple merupakan sebuah perusahaan yang menciptakan dua produk sekaligus, OS dan smartphone atau tablet. Sementara Android yang merupakan sistem operasi open-source, banyak diadopsi oleh sejumlah vendor smartphone di seluruh dunia. Maka dari itu, dengan menghancurkan Google melalui pengadilan paten, Apple pun bisa berhasil mengisolasi Android terhadap vendor perangkat ponsel.