Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Setelah KitKat akan Terbit Android Lollipop

MAJALAH ICT – Jakarta. Kepala Google Android Sundar Pichai telah mengungkapkan bahwa di konferensi pengembang tahunan tahun ini raksasa pencarian akan memamerkan update terbaru untuk sistem Google akan menampilkan versi berikutnya dari Android di San Francisco.

Android 5.0 mendapat nama kode Lollipop. Google akan mengikuti langkah Apple dalam meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi mobile-nya di musim panas sebelum meluncurkan ke publik akhir tahun. Sebagaimana diketahui, awal bulan ini Apple memamerkan iOS 8 di WWDC yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan platform baru sebelum perangkat lunak tersebut dirilis bersama dengan dua iPhone baru September ini.

Alasan untuk perubahan oleh Google adalah keluhan dari pengembang dan produsen perangkat keras, yang mengatakan bahwa peluncuran update Android besar di musim gugur tidak memberi mereka cukup waktu untuk mendapatkan sesuatu di tempat untuk periode Natal. "Saya ingin dunia untuk memahami apa yang kita lakukan lebih cepat," kata Pichai Brad Batu dalam artikel Businessweek.

Android 5.0 kemungkinan akan mendapat banyak update utama termasuk fokus pada mengintegrasikan platform baru wearables device berbasis Android. Pichai juga mengungkap isu-isu keamanan dan fragmentasi yang dihadapi Android, tetapi berakhir dengan mengatakan bahwa ini adalah tantangan yang dihadapi untuk platform ponsel terbesar di dunia. 

Pichai mengambil alih kendali bisnis Android pada awal 2013, setelah CEO Google Larry Page mengambil keputusan yang sulit untuk memaksa Andy Rubin dengan mengatakan kepadanya untuk mengintegrasikan Android dengan seluruh layanan Google. Rubin akhirnya mengatakan dia tidak bisa melakukannya, dan jadi tantangan diserahkan kepada Pichai yang telah bertugas menghasilkan Google Chrome, yang sekarang browser menjadi yang paling populer di dunia.

Sejak mengambil alih Android, Pichai telah bekerja keras untuk memperbaiki beberapa masalah yang menimpa sistem operasi smartphone yang paling populer di dunia.