Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Setelah Lumia, Microsoft Juga Hentikan Produksi Nokia X dan Asha

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah penghentian produksi ponsel Nokia Lumia 1020, Microsoft kembali membuat keputusan penting. Keputusan itu menyangkut nasib produksi ponsel jenis lain, yaitu Nokia X, Nokia Asha dan Seri 40, dimana produk-produk tersebut juga akan mulai diberhentikan produksinya. Dan produk-produk tersebu akan menjadi produk terakhir ponsel berbasis Android.

Demikian disampaikan Head Mobile Device Business Microsoft Jo Harlow kepada para karyawan Microsoft. Menurutnya, Microsoft akan fokus mengembangkan ponsel berbasis Windows Phone saja. Dan Nokia X, akan dijadikan sebagai bagian dari Nokia Lumia dengan sistem operasi Windows. "Ini berarti tidak akan ada fitur baru atau pembaruan layanan pada setiap platform sebagai akibat dari rencana ini," kata Harlow.

"Untuk mendorong kesuksesan dalam jangka pendek, kami berencana fokus ke pasar high-end. Ini termasuk Lumia 930, Lumia 1520 dan produk-produk high-end lain yang akan segera diumumkan," tambahnya.

Sementara itu, Head Microsoft Mobile, Stephen Elop menegaskan, meski dihentikan, Nokia X berbasis Android yang selama ini sudah beredar tetap akan mendapat dukukngan penuh. "Kami berencana membuat perangkat Lumia harga rendah dengan menggeser desain Nokia X masa depan menjadi perangkat Windows Phone," kata Elop.

Diharapkan, sambungnya, hal itu bisa dilakukan secepatnya. "Sambil tetap menjual dan mendukung produk Nokia X yang sudah eksis," ucapnya.

Sementara itu, Microsoft menyatakan sebelumnya akan mulai memberhentikan produksi Nokia Lumia 1020 mulai 14 September mendatang. Hal ini disampaikan akun @evleaks yang dianggap kredibel dalam membocorkan isu-isu di bidang gadget ini. "Nokia Lumia 2012 akan dihentikan produksinya pada 14 September 2014," tulis @evleaks. Jika kabar dari @evleaks benar, maka ponsel handset berbasis Windows Phone 8 tersebut hanya berusia satu tahun sejak dirilis pada Juli tahun lalu.

Di Indonesia, Nokia resmi dijual di pasar pada Desember 2013. Nokia Lumia 1020 merupakan produk Nokia yang menawarkan keunggulan kamera dengan sensor kamera 41 MP, enam lensa optik ZEISS ditambah dengan optical image stabilization, sehingga dapat menghasilkan foto yang jernih dengan detail sangat tajam, bahkan dalam kondisi minimum cahaya.

Di awal peluncuran, Nokia Lumia 1020 dibanderol dengan harga Rp, 8 jutaan untuk pasar Indonesia. Namun begitu, untuk masa promosi, yang penasaran dengan kecanggihan kamera ponsel Lumia 1020 bisa mendapat ponsel ini dengan harga Rp. 7 jutaan. Seperti yang ditawarkan Erafone untuk pelanggan telkomsel.

Lumia 1020 dilengkapi dengan 2GB RAM, prosesor 1.5 Ghz dual-core S4 dari Snapdragon. Ponsel dengan layar 4.5 inci AMOLED PureMotion HD+ ini memiliki berat 158g dan ketebalan 10.4mm. Layar dari Gorilla Glass 3 memungkinkan pengguna untuk menyentuh dengan kuku atau menggunakan sarung tangan.