Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Siasat XL Bantu UKM Kembangkan Bisnis

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk memfasilitasi pelaku usaha, kecil dan menengah (UKM), XL Axiata mempunyai siasat jitu. Strategi yang dijalankan XL ini adalah dengan meluncurkan AdReach M-Advertising XL. Layanan ini merupakan penawaran jasa promosi dengan biaya yang terjangkau.

Peresmian UKM Goes Mobile dilakukan General Manager Mobile Advertising XL Herwinto Chandra Sutantyo, Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Dian Ediana Rae dan Ketua Penggerak PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil, di Bandung, Jawa Barat. Hadir pula beberapa Komunitas di Kota Kembang tersebut, HIPMI, Pramuka, Smartpreneur, BItrepreneur dan lainya. "Pesatnya pertumbuhan usaha kecil dan menengah, kian menumbuhkan keyakinan terhadap UKM sebagai salah satu pilar kekuatan ekonomi Indonesia. Dengan adanya program “UKM Goes Mobile” diharapkan ke depannya para UKM akan menjadi raksasa bisnis di Tanah Air," kata Herwinto.

Menurut Herwinto, para UKM saatnya memanfaatkan media digital dalam menyampaikan pesan promosi, dengan biaya yang terjangkau. Layanan ini, katanya, akan menjadi solusi bagi UKM untuk mendapat kesempatan tumbuh menjadi usaha yang lebih besar. "Agar program ini berjalan maksimal XL juga bekerja sama dengan asosiasi UKM Jawa Barat serta didukung juga oleh BMT Jawa Barat dalam hal pembiayaannya,” jelasnya.

"XL berkeyakinan dengan memanfaatkan AdReach M-Advertising ini masyarakat akan semakin mudah mengenali produk dan jasa milik para UKM. Hingga April 2014, sudah lebih dari 450 UKM memanfaatkan layanan tersebut sejak diluncurkan Agustus 2013," tambah lelaki yang pernah aktif di IMOCA ini.

Dipaparkannya, layanan promosi yang dapat dimanfaatkan para UKM yaitu Location Based Advertising (LBA) berupa layanan promosi yang memanfaatkan keberadaan pelanggan XL di mana mereka berada dan bersifat sangat lokal dengan memanfaatkan jalur SMS dan MMS. "Selain itu, tersedia layanan promosi melalui aplikasi Radio Streaming yang dimiliki oleh beberapa stasiun radio terkemuka seperti Radio Prambors, Radio Delta, Radio Female, Cosmopolitan FM, Hard Rock FM, GenFM, JakFM, Urban FM. Layanan Radio Streaming ini memanfaatkan audio, video serta gambar sebagai medium Utama. Kedua layanan ini memiliki kemampuan agar pengguna jaringan XL dapat berinteraksi langsung dengan iklan yang ditayangkan," jelas Herwinto.

Menurutnya, kelebihan dari beriklan melalui jalur Radio Streaming juga dapat dinikmati tidak saja oleh pelanggan XL, namun juga pelanggan selular operator lainnya. Dan promosi melalui media selular UKM ini, tandasnya, menegaskan keseriusan XL dalam membantu pertumbuhan usaha lokal dan daerah agar menjadi raksasa bisnis.