Search
Sabtu 13 April 2024
  • :
  • :

Sisfo Rilis Reportase.com dan Lihatnet

MAJALAH ICT – Jakarta. Sisfo Indonesia meluncurkan portal berita reportase.com untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita-berita daerah yang lengkap dan realtime.

Selain itu, Sisfo juga merilis Lihatnet, sebagai aplikasi yang dutanamkan pada gadget android untuk men-track lokasi seseorang atau aset kita.

Presdir Sisfo Indonesia Nirwan Harahap mengungkapkan pihaknya bukanlah newsmaker, karena memang bukan keahlian Cisco.

“Kami hanyalah penyedia teknologi, dimana kami mengumpulkan situs-situs berita daerah di seluruh Indonesia untuk nge-link ke kita. Tujuan besarnya adalah agar orang mengenal Indonesia secara utuh dan sebenarnya,”ungkapnya dalam Talk Show di ajang Traceroute Internet Party 2013 di Jakarta Convention Center, 13 April 2013.

Sisfo akan melengkapi berita yang dtampilkan portal daerah tersebut dengan kondisi cuaca setempat real time, dan juga akan dilengkapi posisi kejadian lengkap dengan GPS –nya secara real time juga.

Nantinya, menurut Nirwan, juga akan ditampilkan video real time pada peta GPS, seperti pesawat yang sedang terbang atau kapal yang sedang berlayar di lautan. Berita yang ditampilkan, tambahnya, tidak sekedar berita di Indonesia, tapi juga seluruh dunia.

Menurut dia, Sisfo tidak ikut-ikutan bikin portal berita karena sudah banyak tersedia portal tersebut, sedangkan Cisco hanyalah membantu mempublikasikan portal berita daerah yang sebelumnya kurang dikenal, seperti misalnya Warta Aceh, Pontianak Pos, dan lainnya.

BIla melihat reportase.com, pemberitaan saat pak SBY jalan-jalan dengan Bu Ani ke Gunung Slamet langsung bisa ditampilkan titik dimana gunung Slamet berada dan lengkap dengan cuaca secara real time.

Sedangkan LIhatnet, software akan ditanamkan pada ponsel android, sehingga pemiliknya bisa di track keberadaannya dari satelit sehingga menginformasikan kepada orang lain.

“Ini sangat berguna bila orang tersebut tersesat, seperti saat ibadah haji, banyak orang Indonesia yang tersesat, tapi terbantu dengan apikasi ini,”tuturnya.(ap)