Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Sistem Bank Mandiri Diretas, Rp. 21 Miliar Uang Nasabah Tercuri

MAJALAH ICT – Jakarta. Simpang-siurnya informasi mengenai peretasan Bank Mandiri oleh pelaku cybercrime akhirnya menjadi jelas setelah pihak kepolisian mengungkapkan kebenaran peristiwa tersebut. Seperti disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, benar uang nasabah Bank Mandiri dicuri hingga sebesar Rp. 21 miliar.

Dijelaskan Sutarman, pembobol Bank Mandiri lewat serangan cyber crime warga Malaysia. Ditambahkannya, pelaku telah meretas sejumlah uang milik rekening nasabah Bank Mandiri sebesar Rp21 miliar. "Rp. 21 miliar rekening itu bisa tertutup dan kembalikan ke perbankan. Sehingga kita mampu untuk menjaga dan melakukan penegakan hukum terhadap cyber crime yang merugikan perbankan. Dan mudah-mudahan kita bisa mengawal untuk seluruhnya," paparnya.

Dalam acara "Focus Group Discussion mengenai Kejahatan Perbankan Berbasis Teknologi Informasi: Strategi dan Penanganannya," di Jakarta, Sutarman mengharapkan bank-bank di Indonesia untuk selalu berhati-hati terhadap Teknologi Informasi . Untuk itu perbankan harus melakukan update terkait pengamanan jaringan terkait keamanan perbankan. 

Sutarman juga mengungkapkan, banyak warga Malaysia yang juga ditangkap Polri terkait kasus serangan cyber crime. Kasus yang terakhir adalah penangkapan enam warga Malaysia di Riau terkait kartu kredit.