Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Situs Ditjen Pajak Di-deface, Data Pajak Jadi Tidak Aman

MAJALAH ICT – Jakarta. situs Direktorat Jenderal Pajak diretas. Saat dibuka, situs www.pajak.go.id menampilkan gambar seseorang yang berbalutkan kain putih atau dikenal dengan ‘pocong’. Selain berhasil mengganti tampilan halaman depan, peretas juga berhasil beberapa link di situs tersebut. Dipastikan, data pajak Indonesia saat ini menjadi tidak aman.

""Kejadian itu sendiri terjadi Jumat. Beberapa saat kemudian, situs telah dapat diperbaiki. Walapun dalam posisi tidak aman, karena men-deface berarti hacker telah masuk ke dalam situs tersebut, Kepala Seksi Hubungan Eksternal Ditjen Pajak, Chandra Budi mengatakan tak ada data wajib pajak yang tercuri. 

"Kami jamin tak ada data penting yang mereka (peretas) ambil, karena mereka hanya bisa masuk ke beranda,” ujar Chandra. Ditegaskannya, data wajib pajak atau data-data penting Ditjen Pajak yang terkoneksi ke internet hanyalah data yang berkaitan aturan pajak atau data-data yang memang terbuka untuk publik.

"Kami memiliki dua server, dan server yang terkoneksi ke situs hanyalah data informasi. Untuk data wajib pajak tidak terkoneksi,” pungkas Chandra.