Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Situs Kemdikbud.go.id Masih Tidak Bisa Diakses

MAJALAH ICT – Jakarta. Situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga pagi ini masih tidak bisa diakses. Situs beralamat di www.kemdikbud.go.id ini tepar sejak semalam.

Dari perbincangan beberapa hacker yang Majalah ICT pantau, situs ini memang dipastikan down. Dan setelah ditelusuri, didapat nformasi bahwa n2.kemdikbud.go.id dan ns1.kemdikbud.go.id tidak merespons. Bahkan disebutkan bahwa nama server tersebut menghilang dari data domain name server (DNS) sehingga ketika mengakses domain www.kemdikbud.go.id tidak bisa karena sistem kebingungan akan menuju server yang mana. Pengubahan DNS ini merupakan hal sering terjadi saat peretasan, namun biasanya kemudian dialihkan ke tampilan kelompok hacker tertentu. 

Jatuhnya situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diketahui dimulai pada pukul 17:25 sore kemarin. Menurut history yang tercatat di www.status.ws situs ini memang down untuk semua pengguna. Namun begitu belum ada konfirmasi apakah situs ini jatuh karena diretas atau sebab lainnya.

Beberapa hari lalu memang ada pihak mencoba menjatuhkan server Kementerian, namun salah alamat karena yang diserang adalah situs Kementerian Pendidikan Nasional, padahal situs kini berganti domain mengikuti perubahan dan perluasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

""