Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Smart Telecom Hampir Pasti Pindah ke 2,3 GHz

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah nampaknya sudah memiliki solusi agar bagaimana rentang frekuensi 3G di 2,1 GHz tidak terinferensi akibat sinyal dari PCS-1900 yang saat ini diduduki oleh Smart Telecom. Smart Telecom akan dipindah ke rentang frekuensi 2,3 GHZ yang saat ini mayoritas diisi untuk Broadband Wireless Access.

Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, M. Budi Setiawan. “Kita sedang memfinalisasi rencana kepindahan tersebut,” ungkap Budi.

Ditambahkannya, jika Smart Telecom pindah ke 2,3 GHz ini baik bagi semua dan juga Smart Teleom sendiri, karena terutama untuk rentang 2,1 GHz sekarang ini bisa lebih bersih dari interferensi. "Namun, kita juga memperhatikan masukan yang berkembang di masyarakat. Saat ini memang di 2,3 GHz diduduki pemenang lelang WiMAx yang dapat menggunakannya untuk LTE karena sudah ada kebijakan netral teknologi,” katanya.

Ditambahkannya, operator yang ada sekarang di 2,3 GHz tidak dialokasikan penomoran dan bersifat zona. Sementara Smart Telecom mendapat alokasi penomoran dan nasional. “Ini yang sedang kita pertimbangkan,” ujar Budi dalam diskusi bertajuk "Sharing Our Future” yang digelar sebelum pengumuman para pemenang Selular Award ke-11.