Search
Jumat 21 Juni 2024
  • :
  • :

Sosial Media Dominasi Penggunaan Internet di Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Penggunaan internet Indonesia didominasi untuk media sosial dan hiburan. Facebook menjadi media sosial nomor satu dibuntuti oleh Instagram. Demikian hasil Survei Internet APJII 2016 yang diumumkan hari ini, Senin (24/10/2016).  

Beberapa hasil lainnya adalah 70% pengguna internet paling sering mengakses dari ponsel. Ini disebabkan tingkat yang tinggi untuk pemakaian mobile internet, sedangkan tingkat kepuasan internet rumah cukup rendah.
 
Terkait prilaku e-commerce, disebutkan bahwa meskipun mayoritas pengguna menganggap aman untuk bertransaksi online, namun metode pembayaran utama tetap melalui ATM dan barang/jasa yang dibeli online adalah tiket dan selanjutnya adalah kebutuhan rumah tangga.
 
“Mayoritas pengguna masih menganggap internet tidak aman bagi anak-anak dan menghendaki pemerintah terus meningkatkan program terpadu dalam penanganan konten negatif,” demikian bunyi hasil survei tersebut.
 
Mengenai konten negatif, Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan, APJII siap berkontribusi dengan membuat program Internet Bersama (Bersih, selektif dan Aman) karena memiliki sumber daya, yang dapat digunakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat luas, guna meningkatkan keamanan berinternet bagi masyarakat.