Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Standar Internasional Mobil Otonomus Berbasis Kecerdasan Buatan sedang Digarap

MAJALAH ICT – Jakarta. Fokus Group Lembaga PBB yang mengurusi telekomunikasi dan internet – International Telecommunication Union (ITU) membahas mengenai kecerdasan buatan untuk mengemudi mandiri dan dibantu yang akan bekerja menuju pembentukan standar internasional untuk memantau dan menilai kinerja kendaraan otomatis kemudi ‘Pengemudi’ berbasis kecerdasan buatan – artifical intellegence (AI).

Membangun kepercayaan publik pada kendaraan otomatis akan menjadi prasyarat untuk keberhasilan mereka dalam mengurangi 1,3 juta kematian di jalan kita setiap tahun. Tujuan utama Grup Fokus adalah untuk memvalidasi bahwa perilaku mengemudi kendaraan otomatis memberikan bukti untuk membenarkan kepercayaan publik ini.

Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi harapan publik bahwa AI tidak pernah melakukan perilaku mengemudi yang ceroboh, berbahaya atau sembrono, AI tetap sadar, mau dan mampu menghindari tabrakan setiap saat, dan AI memenuhi atau melampaui kinerja pengemudi manusia yang kompeten dan berhati-hati.

“Konektivitas dan otomatisasi menunjukkan janji besar untuk meningkatkan keselamatan jalan,” kata Sekretaris Jenderal ITU Houlin Zhao. “Kelompok Fokus ini adalah inisiatif yang disambut baik untuk memastikan bahwa teknologi penggerak yang dibantu dan otonom menunjukkan perilaku yang diperlukan untuk memenuhi janji ini.”

“Standar mendukung kemitraan baru,” kata Chaesub Lee, Direktur Biro Standardisasi komunikasi ITU Tele. “Kelompok Fokus ini dibangun di atas lebih dari satu dekade pekerjaan ITU untuk memastikan bahwa konvergensi industri TIK dan otomotif berakar pada rasa saling percaya dan saling pengertian.”

“Haruskah ada yang setara dengan Tes Turing untuk AI di jalan kita? Tentu saja,” kata Ketua Kelompok Fokus, Bryn Balcombe, Autonomous Drivers Alliance (ADA). “Terutama ketika semua pengemudi, manusia atau AI, membutuhkan pemahaman bersama untuk memprediksi perilaku dan risiko.”

Motivasi untuk proyek ini pertama kali dijabarkan pada edisi ketiga AI for Good Global Summit di Geneva, 28-31 Mei 2019, di mana diskusi yang dipimpin oleh ADA menyoroti harapan publik bahwa Driver AI harus diadakan dengan standar hukum yang sama dengan manusia driver.

Turing Test asli adalah tes kemampuan mesin untuk menunjukkan perilaku cerdas yang setara dengan, atau tidak dapat dibedakan dari, perilaku manusia.

Tes Turing yang diusulkan untuk jalan tersebut dapat menjadi dasar bagi Izin Mengemudi Internasional untuk AI. Hak memegang izin ini akan dinilai terus menerus, berdasarkan kinerja perilaku Pengemudi AI di jalan.

Grup Fokus akan berkontribusi pada pengembangan standar teknis ITU dalam mendukung Forum Global UNECE untuk Keselamatan Lalu Lintas Jalan (WP.1) dan sesuai dengan Konvensi PBB 1949 dan 1968 tentang Lalu Lintas Jalan.

Kelompok Fokus ITU mempercepat studi-studi ITU di bidang-bidang yang memiliki relevansi strategis yang berkembang dengan keanggotaan ITU. Mereka menetapkan dasar untuk pekerjaan standardisasi internasional terkait di Kelompok Studi ITU. Kelompok Fokus ITU tentang ‘AI untuk mengemudi mandiri dan berbantuan’ akan melaporkan ke Kelompok Studi ITU-T 16 (Multimedia).