Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Surveyor Indonesia Dipilih Jadi Konsultan Pengawas Independen Proyek Palapa Ring Tengah

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Surveyor Indonesia dipilih Pemerintah untuk menjadi konsultan pengawas independen Proyek Palapa Ring Paket Tengah. Perjanjian kerja sama mengenai hal tersebut ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M. Arif Zainuddin, dan Direktur Utama PT LEN Telekomunikasi Indonesia RW Pantja Gelora.

Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Proyek ini akan membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah non-commercial demi pemerataan akses pita lebar (broadband) di Indonesia. Proyek Palapa Ring sendiri dibagi menjadi tiga paket yaitu Barat, Tengah dan Timur.Proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menjangkau wilayah kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (Sampai dengan Kep.Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, terlaksananya Proyek Palapa Ring menunjukan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerjasama dengan badan usaha dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. "Melalui Proyek Palapa Ring, akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi akan dapat lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas,” katanya.

Sementara itu, Arif Zainuddin menyambut terpilihnya Surveyor Indonesia. Dengan kompetensi dan Integritas yang tinggi kami akan menjalankan fungsi pengawasan berdasarkan Perjanjian Kerjasama Palapa Ring Tengah, sehingga proyek ini dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika," ujarnya.