Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Tahun 2016, Telkom Fokus Bisnis di Dalam Negeri

MAJALAH ICT – Jakarta. Di 2016 ini, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berfokus untuk bisnis di dalam negeri. MEski demikian, Telkom tetap berkeinginan memperbesar porsi pendapatan dari luar negeri. Demikian dikatakan Vice President Corporate Communication Telkom Arief Prabowo.

Dijelaskannya, pada dasarnya manajemen perusahaan berkeinginan untuk tumbuh tiap tahunnya. Namun perusahaan juga harus bersiap ke depannya untuk bermain di pasar global. 

"Tahun ini fokus kita adalah bisnis di Indonesia, akan tetapi bisnis Internasional juga menjadi perhatian yang cukup besar bagi kami," ujar Arif.

Menurut Arif, saat ini beberapa proyek global sedang dikerjakan Telkom. Dari catatan, bisnis Telkom di luar negeri sudah mencapai 10 negara melalui Telin International Bisnis. Telin tersebar di Singapura, Hong Kong, Macau, Timor Leste, Malaysia, Taiwan, Myanmar, Australia, USA dan Saudi Arabia.

Selain itu, beberapa proyek global juga dilakukan. Misalnya saja, jaringan kabel laut hingga Amerika Selatan dan Eropa guna memangkas beban sewa provider luar negeri. Belum lagi dengan Fasilitas data Center melalui Telin Singapura yang ditargetkan beroprasi pada akhir bulan ini. Fasilitas data center ketiga yang dibangun dengan nilai investasi 120 juta dolar AS.