Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Tak Ada Dana Operasional, Pemkab Rote Ndao Kembalikan Mobil MPLIK

MAJALAH ICT – Jakarta. Karena tidak memiliki dana operasional, Pemkab Rote Ndao mengembalikan dua darit tiga Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang barasal dari Kementerian Komunikasi danInformasi (Kominfo)  pengadaan tahun 2011 kepada PT.Wira Eka Bhakti (WEB) untuk dikelola Pihak Ketiga.

Demikian diungkapkan kepala Diskominfo Kabupaten Rote Ndao, Lazarus Pah, sebagaimana dilansir dari Roteonline.com. Dijelaskan Lazarus mengatakan, tahun 2011 Kabupaten Rote Ndao mendapat bantuan tiga unit Mobil MPLIK dari Kominfo yang dilengkapi dengan akses internet. Namun, pihaknya dalam mengoperasikan tiga unit itu terkendala dengan biaya operasi, sedangkan yang dituntut dari Kominfo dalam sehari harus beroperasi maksimal 4 jam, dan dilokasi yang berbeda, dengan kendala itu Dinas melaksanakan operasi sesuai dengan kemampuan. 

"Tahun 2013 PT.WEB selaku pihak yang menang tender penangung jawab MPLIK telah mendatangi dinas yang dipimpinnya untuk melakukan penarikan kembali  dua unit Mobil pelayanan, semestinya tiga unit, namun satu ada kerusakan mesin, sehingga dua unit sudah tarik PT.Web dan diberikan kepada pihak ke-3. Tetapi dinas masih dilibatkan sebagai pengawasan di lapangan, tetapi pengelolaannya sudah tidak lagi,” kata Lazarus seperti dikutip Roteonline.com.

Dua unit mobil yang kini ditarik PT. WEB satu di SMA Negeri Oemilan Kecamatan Rote Barat Laut (RBL) dan satu Unit  di yayasan di Boysone  wilayah Kelurahan Mokdale. Kecamatan Lobalain Kata Ndolu.

Sejatinya, Pemda tidak dibebankan biaya apapun dalam mengoperasikan MPLIK karena semua menjadi tanggung jawab pemenang tender MPLIK.