Search
Kamis 29 Juli 2021
  • :
  • :

Tak Bisa Jual iPhone Murah, Investor Desak Apple Jualan Smart TV

MAJALAH ICT – Jakarta. Pengumuman Apple yang melaporkan bahwa pihaknya berhasil menjual 51 juta iPhone di sepanjang 2013, ternyata kurang menggembirakan bagi para investornya. Kinerja Apple pun dipertanyakan. Apalag, iPhone 5C yang diharapkan laris, akhirnya jeblok di pasaran. Pasalnya, ponsel yang sebelumnya digembar-gemborkan sebagai ponsel murah, harganya setara dengan harga ponsel premium.

Karena dinilai tidak bisa berjualan ponsel murah, investornya menyarankan agar Apple mengambil stratgei lain. Seperti disampaikan Jason Jones dari HighStep Capital yang memiliki saham di Apple. Jones menyarankan,  agar Apple menghadirkan empat kategori produk terbaru tersebut, ketimbang terlalu fokus bergelut ke perangkat konvensional, seperti iPad, iPhone, dan Mac. “Ini adalah tahun Apple akan kembali mengubah jajaran produk mereka,” katanya seperti dikutip USA Today.

Sementara Travis McCourt, analis dari Raymond James mengatakan, Apple tidak akan mungkin bergerak turun ke pasar smartphone murah. Sebab, jalur ini telah diambil oleh Samsung dan beberapa vendor smartphone asal Cina. “Mereka telah mengambil pangsa iPhone karena sebagian besar pelanggan high-end membeli perangkat ini. Jadi tugas Apple untuk segera beralih ke produk baru dan kategori berikutnya,” jelasnya.

Disebutkan, dengan memasuki pasar TV,  Apple akan menghasilkan pendapatan tahunan menjadi 200 miliar dolar AS. Seperti diprediksi Carl Icahn, seorang investor saham individu di Apple. "Apple bisa menjual lebih dari 25 juta unit TV ultra-high-definition (UHD) baru seharga US$ 1.600 per unit. Ini mengingat, penjualan TV pada 2012 silam telah mencapai 238 juta unit. Margin laba kotor Apple sebesar 37,7 persen baru-baru ini dengan Apple TV dapat menambahkan pendapatan US$ 40 miliar dan pendapatan operasional US$ 15 miliar,” prediksi Icahn. 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Apple baru mengumumkan bahwa hingga tahun fiskal Q1 2014 ini perseroan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 56,6 miliar dolar AS, dengan keuntungan mencapai 13,1 miliar dolar AS. Keberhasilan lainnya, Apple berhasil menjual 51 juta iPhone dan 26 juta iPad. Angka ini memecahkan rekor penjualan kuartalan yang pernah ada.

Menurut Tim Cook, CEO Apple, pihaknya merasa senang dengan rekor ini. "Kami sangat gembira dengan rekor penjualan iPhone dan iPad. Ini menunjukkan performansi yang kuat dari produk Mac dan melanjutkan pertumbuhan itune, software dan layanan," sambutnya Cook. 

Ditambahkan Cook, Apple sangat puas dengan pencapaian, loyalitas pengguna dan akan terus berinvestasi di masa depan untuk membuat pengalaman dan layanan pengguna akan produk Mac makin baik.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *