Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

TE Connectivity Hadirkan Sistem Serat Optik Dukung Transisi Data hingga 100 GB

MAJALAH ICT – Jakarta. TE Connectivity, perusahaan teknologi konektivitas global, hari ini memperkenalkan 24-fiber, solusi konektivitas terbaru berteknologi ultra-low loss yang memungkinkan pengelola pusat data untuk melakukan transisi dengan lancar dan efisien dari aplikasi 10 Gigabit Ethernet (GbE) ke 40 dan 100 GbE.

Sistem baru tersebut, adalah produk solusi TE Connectivity terbaru untuk pusat data, dan berdasarkan konektor serat optik MPOptimate berteknologi ultra-low loss milik TE Connectivity. Sistem tersebut menawarkan infrastruktur fiber yang konsisten untuk pengelola pusat data yang dapat menangani peranti-peranti aktif baru hingga tiga generasi berikutnya, sehingga memperlancar jalur migrasi ke kecepatan yang lebih tinggi, lebih hemat ruang dan memaksimalkan investasi fiber yang sudah ada.

Data pusat adalah muara lalu lintas bagi data dalam jumlah besar yang harus dikirim, diproses dan disimpan demi mendukung semua aplikasi dan jasa serta alat pendukung mobilitas yang semakin beralih ke platform berbasis cloud di lingkungan bisnis saat ini. Oleh sebab itu, koneksi serat optik yang baik menjadi krusial dalam menyediakan bandwidth dan kecepatan yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dengan jumlah besar yang melintasi pusat data modern. Adapun perangkat keras konektivitas fiber memakan ruang cukup besar yang sebenarnya dapat digunakan untuk memaksimalkan investasi komputer dan media penyimpanan. Kendati menyediakan ruangan luas menjadi salah satu kendala biaya terbesar bagi pengelola pusat data, namun konektivitas serat di pusat data harus tetap mampu mendukung aplikasi-aplikasi yang menggunakan bandwidth tinggi sembari meminimalkan pemakaian ruang.

"Sistem kami menggunakan pendekatan yang masuk akal," jelas Fauzan Hamdi, Country Sales Manager Indonesia, Broadband Network Solutions, TE Connectivity. "Demi meningkatkan kinerja, menambah bandwidth dan memberikan pelayanan terbaik untuk mengakomodasi aplikasi-aplikasi masa depan, para pengelola pusat data perlu mempertimbangkan solusi interkoneksi dan antarkoneksi 24-fiber MPOptimate rancangan perusahaan kami, yang lebih ekonomis dan sederhana".

Berdasarkan teknologi konektivitas keluarga TE low loss MPOptimate, sistem MPOptimate 24-fiber terbaru terdiri dari berbagai kaset modular, kabel trunk 24-fiber dan kabel patch. Ada dua keuntungan besar dari penggunaan 24-fiber MPO/MTP MPOptimate. Yang pertama adalah penghematan ruang pada pusat data secara signifikan, karena sebuah kabel trunk 24-fiber dapat memberikan hingga 50% kepadatan lebih jika dibandingkan dengan solusi 12-fiber tradisional. Ini didukung oleh teknologi konektivitas low-loss pada MPOptimate yang mengurangi optical link loss, sehingga menghasilkan fleksibilitas yang lebih baik dari sisi desain saluran.

Keuntungan kedua adalah penggunaan ruang pada sistem containment yang jauh lebih hemat jika menggunakan sistem trunking 24 core kecil," lanjut Fauzan. "Dengan menggunakan pendekatan berbasis kaset modular, penggunaan ruang pada rak tak hanya menjadi lebih hemat, peningkatan di kemudian hari juga akan menjadi lebih mudah dengan cara mengganti modul-modul kaset ke sistem 40G atau 100G, namun tetap menggunakan kabel trunk MPO 24-fiber yang sudah ada dan diatur ulang."

Jaringan-jaringan harus siap bermigrasi dari kecepatan 10 GbE ke 40-100 GbE untuk mendukung permintaan baru. Pengelola-pengelola pusat data harus mampu mengelola migrasi ini untuk memaksimalkan efisiensi dan responsivitas sambil menekan biaya. Persiapan menghadapi pertumbuhan yang tidak dapat dihindari dewasa ini menuntut jalur perpindahan yang sederhana nan andal secara bersamaan.

Sistem MPOptimate 24-fiber TE Connectivity memungkinkan peningkatan migrasi data cepat yang hemat biaya untuk mendukung generasi terbaru server, platform penyimpanan dan perpindahan pada pusat data yang tangkas.