Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

TE Connectivity Perkenalkan Sistem Hybrid Kabel Serat Optik dan Kabel Listrik Baru

MAJALAH ICT – Jakarta. TE Connectivity (TE), perusahaan terkemuka di bidang konektivitas, mengumumkan solusi baru untuk mempercepat dan menyederhanakan instalasi, pemberian daya, dan komunikasi dengan small cell dan perangkat akses jaringan lainnya. Sistem fiber cable bertenaga listrik dari TE menghilangkan kompleksitas instalasi small cell dan memungkinkan peletakan perangkat small cell pada lokasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan cakupan 4G wireless maksimal dengan menggabungkan daya dan fiber optik dalam satu sistem.

Sistem ini menyatukan semua yang diperlukan untuk memberi daya dan berkomunikasi dengan small cell – termasuk sumber daya (power supply), kabel hibrida dan unit daya jarak jauh yang mengoreksi hilangnya daya DC sehingga tidak perlu lagi melakukan perhitungan desain elektrik.

"Konsumen menyatakan bahwa pemasangan small cell menjadi rumit karena listrik belum tentu tersedia di lokasi yang memerlukan small cell,” ucap Mark Hesling, Deputi Direktur Global Product Management di TE Connectivity. "Mengkoordinasi teknisi listrik keluar-masuk gedung biayanya mahal, dan bernegosiasi dengan pemilik gedung sangat rumit. Sistem kabel fiber bertenaga listrik milik TE akan mempercepat dan menurunkan biaya pemasangan small cell dan perangkat akses jaringan lainnya.” 

Adapun kelebihan sistem ini adalah sistem kabel fiber bertenaga listrik milik TE memiliki 10 kali lipat jangkauan kabel POE+ (Power Over Ethernet). Kemampuan untuk memberikan daya lebih jauh memberinya kemampuan untuk menempatkan small cell tepat di mana dibutuhkan fokus lebih untuk kapasitas wireless. Kemudian, dengan menggabungkan daya dan komunikasi fiber ke dalam satu sistem, listrik sudah tidak diperlukan. Ini menghilangkan kompleksitas mengenai cara mendapatkan listrik dari pemilik gedung, perusahana utilitas atau pemerintah kota. Dengan demikian, negosiasi tentang siapa yang membayar listrik small cell dan bagaimana memonitor pemakaian listrik sudah tidak diperlukan.

TE mengestimasikan bahwa sistem baru ini dapat mengurangi waktu perencanaan dan pemasangan small cell sebesar lebih dari 50%. Sistem ini dirancang untuk transmisi listrik DC rendah (NEC Class II), sehingga tidak memerlukan teknisi listrik berketerampilan tinggi. Sistem ini juga memudahkan instalasi. Unit listrik remote dapat dipasang di pabrik ke dalam kabel hibrida dengan jumlah konektor yang sesuai untuk sebuah small cell. Untuk meletakkan small cell tepat di lokasi yang dibutuhkan, cukup sambungkan konektor, pasang unit listrik remote, dan pasang kabel kembali ke sumber daya yang berjarak hingga 1 kilometer. Sistem ini dirancang untuk berfungsi sebagai "kabel ekstensi yang panjang”.