Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telah Hadir Kondom USB untuk Proteksi dari Infeksi dan Pencurian Data

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebuah perangkat keamanan USB baru telah dikembangkan oleh para peneliti berbasis di New York yang memungkinkan pengguna untuk secara aman mengkoneksikan perangkat mereka dengan  komputer publik.

The USBCondom menyediakan "tameng penghalang" antara perangkat Anda ddengan para ‘hacker’ untuk mencegah pertukaran data disengaja melalui kabel USB.

Xipiter, perusahaan konsultan keamanan yang menciptakannya, berencana untuk menjual USBCondoms ini sebesar 10 dolar AS atau sekitar Rp. 120 ribu. Kondom USB ini mengubah kabel USB normal menjadi kabel USB yang bersifat ‘charge only’ dengan memotong data pin pada kabel USB dan hanya mengizinkan pin daya untuk menghubungkan.

"Hacker jahat dapat dengan mudah mengatur waktu pengisian untuk ‘membajak’ data perangkat Anda atau bahkan meng-upload malware," kata perusahaan keamanan tersebut. "Jika Anda hanya mencolokkan ponsel ke port USB yang aneh, setidaknya Anda aman dan tidak perlu khawatir mengenai hal itu."

Perpindahan data sering terjadi karena ketika mencolokan ponsel ke USB port untuk pengisian baterai, maka file yang ada dalam ponsel sesungguhnya bisa dilihat dan dipindahkan. Jika ponsel cerdas secara otomatis terhubung dengan media yang dapat dilepas, maka hal itu akan membuat semua file di penyimpanan internal diakses ke PC. Adapun data yang bisa diakes dan dicuri selain salinan data aplikasi adalah juga dokumen.