Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Telkom Bangun Balikpapan Sebagai Kota Cyber

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia terus membangun dan memajukan kota-kota di Indonesia. Setelah kota-kota di Jawa, kini Telkom membangun kota cyber di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam pada HUT ke-117 Kota Balikpapan, Telkom pun menyerahkan hasil pekerjaan pembangunan infrastruktur koneksi teknologi WiFi.Id di 1.000 titik di kota Balikpapan kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
 
Direktur Consumer Service Telkom, Sukardi Silalahi, saat penyerahan mahakarya Telkom kepada Walikota Balikpapan mengungkapkan, semangat persembahan mahakarya Telkom merupakan upaya Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kota Balikpapan yang sangat dinamis mengikuti perkembangan teknologi informasi.
 
Lokasi 1.000 WiFi.Id yang diserahkan Telkom ini tersebar di area publik seperti taman kota, sekolah dan kampus, rumah sakit, mal, bandara, kantor-kantor pemerintah dan swasta, perbankan, hotel, restoran, bahkan hingga tempat ibadah. Dengan 1000 titik WIFI.id ini diharapkan Balikpapan mampu untuk menjelma menjadi kota cyber yang mana terdapat sambungan internet di semua tempat.
 
Menurut General Manager Telkom Witel KalTim Selatan, Suhardiman Ismail, untuk setiap sambungan WiFi.Id tersebut, Telkom menyediakan kapasitas akses data hingga lebih dari 10 Megabyte Per Second (mbps). "Mahakarya WIFI.Id persembahan Telkom untuk mendukung program Walikota menuju Balikpapan Kota Digital dengan kapasitas bandwith masing titik WIFI.Id tersedia up to 10 mbps, sangat cukup bagi masyarakat untuk melakukan browsing, transaksi online, maupun koneksi ke media sosial," ujarnya.
 
Suhardiman mengharapkan dampak dari hasil pembangunan infrastruktur WIFI.Id mendorong masyarakat melek teknologi informasi, khususnya internet sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Dalam laporan Deloitte Access Economics mewakili Google Asia Pasifik kontribusi internet terhadap ekonomi Indonesia mencapai 1,6% dari total pendapatan domistik bruto Indonesia di tahun 2011 dan lima tahun kedepan terus tumbuh mencapi 2,5% dari PDB.
 
WIFI.Id sendiri merupakan bagian dari program Indonesia Digital Network (IDN) Telkom Group. Program itu dikerjakan dalam 3 kluster besar yaitu pertama ID-Access, ID-Ring, dan ID-Convergance.
ID-Access yakni pekerjaan pengembangan infrastruktur jaringan akses ke arah pelanggan menjadi true broadband access, dan sampai November 2013 telah tergelar 7,3 juta true broadband acces dari target 20 juta true broadband pada akhir 2015.
 
Sedangkan ID-Ring merupakan pekerjaan pengembangan infrastruktur jaringan transport menuju IP-Based and Optical Backbone Network, yang sampai Oktober 2013 tergelar 68.500 Km Fiber Optic meliputi ring Sumatera, ring Jawa, ring Kalimantan, ring Sulawesi serta ring BaliNusra (sampai Mataram dan Kupang). Hingga tahun 2015, Telkom akan menambah infrastruktur lagi sepanjang 6.500 Km sehingga total menjadi 75.000 Km Fiber Optic.
Selanjutnya, ID-Convergence merupakan pekerjaan pengembangan infrastruktur jaringan service node menuju integrate Next Generation Network (NGN) dan sampai November 2013 tercapai 32.500 meter persegi data center, dari target 100.000 meter persegi data center pada akhir tahun 2015.