Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Belum Tentukan Pemenang Lelang Satelit Telkom-3 Pengganti

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) saat ini sedang menyiapkan satelit pengganti Telkom-3 yang hilang tidak sampai orbit saat diluncurkan beberapa waktu lalu. Direncanakan satelit akan diluncurkan pada 2016. Namun ternyata, rencana dimana pada April kemarin diharapkan sudah ada kontrak untuk pengadaan satelit Telkom-3 Pengganti, belum mendapatkan pemenang lelangnya.

"Belum ada nama pemenang," kata Direktur Network & Solution Telkom Rizkan Chandra. Namun, Rizkan tak memberikan keterangan lebih lanjut terkait belum tuntasnya tender karenan Rizkan sendiri yang sebelumnya mengatakan bahwa proses tender memasuki tahap final dan April diharapkan sudah ada kontrak untuk pengadaan satelit Telkom-3 Pengganti.

"Kami sudah mulai gelar tender untuk pengadaan satelit Telkom-3S pada akhir 2013 lalu. Sekarang ini sudah memasuki tahap final dimana ada beberapa peserta yang masuk babak final," ungkap Rizka beberapa waktu lalu. "Kalau April ini kita bisa tandatangani kontraknya dengan pemenang tender, diperkirakan pada 2016 baru bisa meluncur satelitnya. Soalnya itu butuh dua tahun pembuatan," tambahnya.

Mantan Direktur Utama Telkom Sigma ini mengatakan bahwa investasi dari pembuatan hingga peluncuran satelit sekitar Rp 2 triliun. Menurut Rizkan, pendanaan akan berasal dari pinjaman kombinasi perbankan asing dan lokal sekitar 20%-30%. Sementara sisanya dari kas internal. Satelit ini direncanakan akan terdiri dari 49 transponder.

Satelit Telkom-3 Pengganti akan menempati slot orbit di di 118 BT. Satelit ini dirancang untuk memenuhi meningkatnya permintaan peralatan transmisi dalam pengembangan layanan bisnis satelit Indonesia. Disebutkan satelit ini akan memberikan kontribusi sekitar 50 juta dolar As atau sekitar Rp. 550 miliar per tahunnya.