Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom Berharap Mitratel Merger dengan Perusahaan Tower Lainnya

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan anak usahanya yang bergerak di penyediaan sarana infrastuktur menara, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel), untuk dapat bergabung dengan empat terdaftar telekomunikasi perusahaan tower, termasuk Tower Bersama dan Sarana Menara.

"Telkom sedang mempertimbangkan empat terdaftar telekomunikasi perusahaan tower, termasuk Tower Bersama dan Sarana Menara Nusantara, untuk merger dengan perusahaan Unit PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel), tetapi belum memulai pembicaraan resmi," demikian ungkap Direktur Telkom IT Solution dan Strategic Portfolio Indra Utoyo.

Menurut Indra, jika rencana berhasil, akan menciptakan perusahaan telekomunikasi menara terbesar, apalagi di Indonesia, penyediaan menara dan juga pembangunan menara khusus anya untuk lokal saja, dan asing dilarang usaha di bidang ini. "Rencana ini bisa melalui merger dengan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar atau IPO. Telkom telah mempekerjakan Barclays Capital untuk memberikan nasihat tentang rencana," jelas Indra. 

Sebagaimana diketahui, PT Tower Bersama merupakan perusahaan ekuitas Saratoga Capital yang didirikan oleh Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Uno. Sedangkan, Sarana Menara Nusantara sejak 2010 sudah terdaftar di Indonesia Stock Exchange dengan memiliki 7.500-an tower.