Search
Kamis 30 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Berhasil Raih Sertifikasi ISO 20000 Pertama di Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. Telkom berhasil menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di dunia yang meraih sertifikat ISO 20000. Pernyataan itu dikeluarkan Guy Escarfail dari SGS Hongkong mewakili PT. SGS Indonesia pada saat menyerahkan sertifikat ISO 20000-1:2011dan ISO 27001:2005 kepada Telkom di Bandung.  Sertifikat ISO/ IEC 20000-1:2011 terfokus pada IT Service Management yang diterapkan pada fullfilment, assurance dan billing for broadband service di perusahaan telekomunikasi broadband service di Indonesia yang meliputi fasilitas Speedy (ADSL,MSAN,GPON), IP VPN (MPLS) dan Astinet (Access Service Dedicated to the Internet) di data center GMP Jakarta dan Bandung. 

Adapun manfaat dari diraihnya sertifikat ISO 20000 bagi Telkom adalah terintegrasinya layanan Information Technology (IT) dan peningkatan respon serta pengurangan gangguan layanan IT, peningkatan kepuasan pelanggan dari Internal dan eksternal serta konsistensi perusahaan dalam layanan dan keunggulan kompetitif.

Sedangkan sertifikat ISO/IEC 27001:2005 terfokus pada perencanaan, implementasi, operasi, dan pemeliharaan jaringan utama, jaringan akses sampai dengan jaringan akhir pelanggan dan aktivitas pendukung yang berhubungan dalam penyelenggaraan layanan IP Connectivity bersama dengan perencanaan, implementasi dan pemeliharaan Data Center dan Recovery Center.

Manfaat dari diraihnya sertifikat ISO 27001 bagi Telkom adalah perusahaan dapat memiliki kontrol dan tata kelola yang memadai terkait keamanan informasi; perusahaan patuh dengan standar keamanan informasi yang sudah teruji (Best practice dalam pengamanan informasi; meningkatkan efektivitas dan kehandalan pengamanan informasi serta perusahaan patuh terhadap regulasi, hukum dan undang-undang terkait pengamananinformasi.

Diharapkan dengan diraihnya sertifikat internasional ini, Telkom Indonesia khususnya unit-unit bisnisnya dapat memperoleh manfaat yang besar untuk mendukung target-target yang telah ditetapkan.