Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Bersiap Ekspansi ke Selandia Baru

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) tahun ini bersiap melanjutkan ekspansinya. Melalui anak usaha PT Telkom Internasional (Telin), Telkom berencana masuk ke pasar Selandia Baru dan mengakuisi perusahaan telekomunikasi di sana.

Menurut Presiden Direktur Telkom Internasional Syarif Syarial Ahmad, akuisisi perusahaan telekomunikasi di Selandia Baru yang bertujuan untuk membesarkan portofolio bisnis Telkom. Dan dengan akuisisi, katanya, Telkom akan melakukan pengambilan porsi saham minoritas terlebih dahulu.

Diungkap Syarif, Telin akan mengambil 27 persen saham perusahaan telekomunikasi di Selandia Baru. Dalam ekspansi ini, Telin akan menggunakan dana belanja modal yang tahun ini mencapai Rp.1,5 triliun. "Dananya akan kita ambil dari capex tahun ini. Namun sampai saat ini kita masih dalam tahap penjajakan," katanya.

Dikatakan mantan Direktur Jaringan di Telkomsel ini, akuisisi ini akan memberikan dampak yang positif terhadap kinerja perusahaan. Pasalnya, Telin menargetkan pada 2014 dapat meningkatkan enterprises value atau nilai perusahaan terhadap Telkom menjadi 10 persen.

Syarif menjelaskan, selain Selandia Baru, Telin juga berambisi mengakuisi beberapa perusahaan di Asia Pasifik. Setidaknya, ada empat rencana akuisisi perusahaan telekomunikasi yang akan meningkatkan portofolionya.