Search
Kamis 30 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Dinobatkan Sebagai Best SME Service dan Project of The Year dalam Asia Communication Awards 2014

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) kembali berhasil memperoleh apresiasi dari lembaga internasional. Telkom meraih Asia Communication Award 2014 yang diselenggarakan oleh Total Telecom, salah satu grup publikasi di bidang telekomunikasi terbesar di Asia. Ajang penghargaan yang diselenggarakan di Singapura ini menobatkan Telkom sebagai Best SME Service Provider of The Year melalui program Indonesia Digital Interpreneur (IndiPreneur) dan Project of The Year melalui Indonesia Digital School (IndiSchool). Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin.

Asia Communication Award merupakan penghargaan tahunan sejak tahun 2011 yang diberikan kepada korporasi dan individu yang memberikan kontribusi yang luar biasa dalam memajukan industri telekomunikasi Asia. Penghargaan ini diikuti oleh perusahaan dan vendor terkemuka di industri telekomunikasi khususnya di Asia, seperti SingTel, Smart Communication, NTT Communication, Globe Telecom, Pacnet, Huawei dan lainnya dengan 16 kategori penghargaan yang dikompetisikan.

Bagi Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi yang sangat penting bagi Telkom karena IndiPreneur dan IndiSchool yang merupakan bagian dari upaya Telkom untuk melakukan percepatan pemerataan komunikasi dan informasi di Indonesia mendapat pengakuan dari lembaga publikasi internasional.

"Sungguh hal yang membanggakan bagi Telkom dapat dipercaya sebagai Best SME Service Provider dan Project of The Year. Hal ini memotivasi Telkom untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan Indonesia sehingga mampu membawa industri telekomunikasi Indonesia sejajar dengan perusahaan telekomunikasi global lainnya,” ungkap Awaluddin saat menghadiri Asia Communication Award.

IndiSchool merupakan program Telkom dalam penyediaan Internet WiFi di sekolah-sekolah untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui program IndiSchool, seluruh pihak yang terkait dengan ekosistem pendidikan dapat mengakses berbagai materi edukasi secara mudah. Tujuan IndiSchool memberikan pemerataan akses Internet dan delivery content pendidikan kepada komunitas pendidikan Indonesia.

Sementara itu, IndiPreneur adalah salah satu upaya Telkom memberikan kontribusi nyata memajukan UKM dengan konsep layanan menyeluruh mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform). IndiPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang efektif, untuk berbisnis dan berinteraksi secara online (e-commerce).

IndiSchool dan IndiPreneur merupakan bagian dari salah satu program utama Telkom di tahun 2014, Indonesia Digital Network (IDN) adalah visi pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end user (user terminal, accesss, transport dan service) yang terdiri dari tiga komponen utama, yakni Indonesia Digital Access (Id Access), Indonesia Digital Ring (Id Ring) dan Indonesia Digital Convergence (Id Con), dengan tujuan untuk menghadirkan konektivitas ke seluruh pelosok Indonesia. Peningkatan konektivitas tersebut diharapkan dapat mendukung percepatan ekonomi dan meningkatkan citra Indonesia di mata internasional sebagai negara kepulauan yang mampu melakukan penetrasi broadband secara optimal.

Selain Asia Communication Awards 2014, tahun ini Telkom juga meraih berbagai penghargaan internasional lainnya. Telkom memborong lima penghargaan dalam ajang Finance Asia Best Managed Companies 2014. Telkom berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Managed Companies, Best Corporate Governance, Best Investor Relations, Best CSR dan Most Committed Company to a Strong Dividend Policy. Telkom juga meraih penghargaan dalam ajang The 1st Asia-Pacific Stevie Awards. Telkom memperoleh dua penghargaan kategori Gold dan satu kategori Silver 2014, yakni untuk kategori Gold sebagai "Technology Company of The Year” dan "New Business Service of The Year”. Sedangkan untuk kategori Silver, Telkom dinobatkan sebagai "Customer Service of The Year”.