Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Telkom Fasilitasi Internet Saat SBY Resmikan Akun Facebok

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah beberapa bulan lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat akun twitter dengan akun @SBYudhoyono, kini Presiden SBY meluncurkan akun-akun internetnya yang lain, yakni Facebook, Youtube, dan Google Hangout. Para hari Jumat lalu bertempat di Istana Bogor, Presiden SBY meluncurkan akun resmi di Facebook. Akun tersebut berupa official fanpage dengan nama Susilo Bambang Yudhoyono dan mendapatkan status terverifikasi dari Facebook. 

Pada acara tersebut, SBY menggunakan fasilitas internet yang difasilitasi oleh PT. Telkom Indonesia, Tbk (Telkom) melalui layanan Indonesia Wifi atau @wifi.id. Indonesia Wifi adalah layanan internet publik tanpa kabel menggunakan teknologi Wifi/Hotspot.

Selama berkomunikasi dengan para pejabat maupun rakyat Indonesia melalui media sosial tersebut, semuanya berjalan dengan lancar tanpa hambatan, bahkan video conference melalui Google Hangout yang memerlukan bandwith cukup besar meluncur dengan mulus, sehingga menambah makna kehadiran SBY di tengah komunitas media sosial di Indonesia. 

Layanan Indonesia Wifi @Wifi.Id yang memiliki kecepatan akses hingga 10 Mbps seperti yang digunakan SBY, juga bisa dinikmati oleh seluruh Indonesia, karena Telkom sudah menyebar ribuan titik Hotspot Wifi.Id di seluruh Indonesia. Telkom berharap, melalui @widi.id rakyat Indonesia kini dapat berkomunikasi secara langsung dengan presiden melalui media sosial. 

Presiden SBY malam itu melakukan komunikasi dengan para pejabat di daerah dan luar negeri untuk meng-updatepenanganan bencana asap Riau dan Gempa Aceh. Komunikasi ini menggunakan teknologi aplikasi terbaru dari Google yakni Google Hangout. Google Hangout merupakan fasilitas komunikasi jarak jauh yang disediakan Google yang bisa dilakukan orang per orang maupun secara grup, secara langsung (live) dan bisa juga direkam. 

Pada kesempatan itu SBY berkomunikasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Muarif dari Aceh, Plt Gubernur Riau, dan Dubes RI untuk Singapura. Selain meluncurkan akun di Facebook, SBY juga berencana membuat akun di situs video Youtube dan Google