Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Foundation Targetkan Layanan Pendidikan Kelas Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. Dengan branding baru, Telkom Foundation menargetkan pelayanan pendidikan kelas dunia dalam tiga tahun mendatang. Mereka optimis langkah itu bisa menjadi kenyataan lewat kerja keras dan sejumlah terobosan.

"Telkom Foundation menginginkan mimpi yang lebih besar, menyediakan layanan pendidikan berkelas dunia. Dalam kaitan itu, kehadiran brand baru ini menjadi bagian dari proses tersebut berupa  penguatan pengelolaan sekaligus terbuka terhadap kritik,” tandas Ketua Telkom Foundation, Johni Girsang di Bandung.

Menurut dia, sejumlah langkah strategis untuk merealisasikan cita-cita tersebut sudah dilakukan. Di antaranya melalui peleburan 4 perguruan tinggi (IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, STISI Telkom) di bawah Telkom Foundation menjadi Telkom University pada 31 Agustus 2013.

Langkah itu diikuti peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah sebanyak 44 sekolah dengan brand Telkom Schools". Mereka juga mendirikan unit-unit bisnis yang akan menjadi penyokong utama dana pendidikan.

Sebelumnya, Telkom Foundation terdiri dari Yayasan Pendidikan Telkom dan Yayasan Sandhykara Putra Telkom. Kedua elemen tersebut sudah berkiprah fan tumbuh menjadi salah satu yayasan pendidikan terbesar di Indonesia selama 34 tahun.

Selain itu, Telkom Foundation mengelola 15 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Perusahaan ini dijadikan pula wahana pengembangan kemampuan mahasiswa sebagai pengusaha.

Rektor Telkom University, M Ashari menambahkan rebranding tersebut diperlukan mengingat tantangan yang dihadapi jauh berbeda dibandingkan pada saat awal penyatuan.

"Khusus layanan pendidikan kelas dunia pada 2017, kami sudah membuat aliansi dengan menggandeng universitas dari luar negeri dan peningkatan jumlah mahasiswa dari luar negeri. Sekarang 40, tahun ini ketambahan 60 orang lagi beragam negara," katanya dalam keterangan tertulis.