Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom Gandeng NU Garap Jasa Pengiriman Uang

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menggandeng Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan (koperasinya Nahdlatul Ulama), untuk menggarap pasar layanan jasa pengiriman uang di kalangan warga NU. Menurut Executive General Manager Divisi Telkom Timur, Iskriono Windiarjanto, kerja sama ini sengaja dilakukan menjelang Bulan Ramadhan untuk mempermudah 14 juta warga NU Jatim yang hendak menunaikan kewajiban pembayaran zakat.

Rencananya, program berlabel IndiFinance ini akan diimplementasikan di 100 titik komunitas NU se Jawa Timur. "Warga nadhliyin nantinya bisa lebih khusyuk beribadah, karena urusan pengiriman uangnya bisa dilakukan melalui produk Delima (Delivery Money Access)," ujar Iskriono. 

Dijelaskannya, proses pembayaran zakat itu menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan melalui smartphone, yang terkoneksi dengan internet. Mereka tinggal membuka web aplikasi Delima di smartphonenya dan mengirimkan zakat tersebut ke nomor tujuan. Telkom sendiri menyatakan siap memasang akses internet, di lokasi-lokasi yang belum terhubung dengan jaringan internet.

"Kerja sama dengan seluruh Koperasi NU ini bakal lebih mendekatkan layanan Delima, kepada kaum nahdliyin dan masyarakat luas. Penambahan mitra Telkom ini menjadikan aktivitas pengiriman uang menggunakan Delima, menjadi lebih mudah," katanya.

Produk Delima, lanjutnya, juga mempermudah warga nahdliyin, yang hendak mudik lebaran tanpa membawa banyak uang tunai. Delima juga memberi kesempatan masyarakat urban, yang tinggal di perkotaan, untuk mengirim uang lebaran ke sanak kerabatnya, yang tidak memiliki nomor rekening (akun) bank di kampung halaman.