Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom Gelar IndiPreneur Fest 2013 di Yogyakarta

MAJALAH ICT – Jakarta. PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Telkom kembali menyelenggarakan IndiPreneur Fest 2013, kali ini bertempat di XT Square, Umbulharjo, Yogyakarta yang diikuti tidak kurang dari 300 pelaku UMKM di Yogyakarta dan sekitarnya.

IndiPreneur Fest merupakan bagian dari rangkaian acara IndiPreneur yang telah diselenggarakan di Jakarta, Bandung dan Surabaya sejak Februari lalu. Kegiatan ini dihadiri Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin dan Executive General Manager Divisi Telkom Timur Iskriono Windiarjanto.



Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan, program IndiPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia. Melalui Program IndiPreneur, pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnis dengan solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkualitas dan terjangkau, seperti, koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerce application yang dapat dinikmati secara gratis dan dioperasikan dengan mudah. 



Selanjutnya Awaluddin memaparkan, IndiPreneur Fest menjadi ajang bagi UMKM dalam memperoleh pembekalan ilmu untuk mengembangkan bisnisnya melalui peningkatan kompetensi TIK. “Sudah saatnya UMKM dapat mengoptimalkan TIK dan mulai go digital dalam menjalankan kegiatan bisnisnya seperti mengelola sumber daya yang dimiliki,baik dalam hal memproduksi, memasarkan atau menjual produk. Telepon seluler dan internet diyakini akan menjadi perangkat pilihan konsumen dalam bertransaksi saat ini, termasuk konsumen di Yogyakarta,” ujar Awaluddin.



Awaluddin juga menambahkan, IndiPreneur Fest diisi dengan kegiatan seminar Usaha Kecil Menengah (UKM), pelatihan pembuatan web, pameran UMKM, dan penandatanganan kerjasama. Para peserta akan memperoleh pembekalan ilmu untuk mengembangkan bisnisnya melalui peningkatan kompetensi TIK. Pembicara yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing akan berbagi ilmu dan pengalaman dengan pelaku UMKM. Telkom juga menyediakan perangkat IT dengan pola leasing (sewa beli) bagi pelaku UMKM yang menghadapi kendala ketersediaan sarana. Sementara untuk akses ke internet broadband (termasuk akses wifi) serta penyediakan layanan Portal, Application dan Content (PAC) dengan teknologi Cloud Computing disediakan secara gratis oleh Telkom.



“Adanya program IndiPreneur, tentunya dapat meminimalisir berbagai entry barrier yang dihadapi wirausaha nasional dalam memperluas pasar bisnisnya,” ujar Awaluddin. IndiPreneur diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indonesia dan menjadikan masyarakat Indonesia mampu mendunia. 

Awaluddin menambahkan, Program IndiPreneur merupakan bagian dari Mega Proyek “Indonesia Digital Network” (IDN) yang menargetkan 5 juta pelanggan broadbanddan penyediaan 1 juta wifi pada 2013. Selanjutnya program tersebut diimplementasikan untuk mewujudkan Indonesia Digital Society (IndiSo) yang akan meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia di bidang TIK.