Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom Hadirkan Platform Kesehatan Digital UDoctor

MAJALAH ICT – Jakarta. Tak ada sektor yang bisa lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, temrasuk kesehatan. Sehingga, Teknologi telah mengubah lanskap industri kesehatan. Inilah yang mendorong PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memperkenalkan layanan digital healthcare  bernama UDoctor. 

"Sebelumnya UDoctor hanyalah sebuah layanan interaktif antarkaryawan Telkom seputar informasi kesehatan," kata Achmad Sugiarto, EGM  Divisi Solution Convergence Telkom.

Kemudian, jelas dia, setelah melihat kebutuhan layanan digital healthcare yang semakin tinggi maka diputuskan untuk membawa UDoctor menjadi platform kesehatan digital bagi masyarakat Indonesia.

UDoctor dibentuk berdasarkan customer validation yang dilakukan oleh manajemen. Berdasarkan hal itu, ditemukan bahwa masyarakat Indonesia memerlukan layanan kesehatan yang mudah diakses, transparan, dan rasional dari sisi harga. 

Kehadiran UDoctor diharapkan mampu memberikan kontribusi aktif dalam mendukung program pemerintah "Menuju Indonesia Sehat", "Jaminan Kesehatan Nasional", "Badan Penyelenggara Jaminan Sosial", dan "Kartu Indonesia Sehat".

UDoctor memiliki layanan yang variatif, salah satunya adalah klinik virtual. Pada layanan tersebut, dokter dapat membuka tempat praktik secara online serta membuat model reservasi online untuk klinik fisik mereka.

Jadi, pasien dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter secara online dan untuk konsultasi secara fisik dengan dokter melalui reservasi antrean.

Fasilitas klinik untuk dokter ini lebih ke arah manajemen tempat praktik sederhana. Prosedur untuk pendirian klinik virtual sangat mudah, dokter cukup melakukan registrasi ke UDoctor dan melampirkan STR dan SIP, lalu selanjutnya menunggu persetujuan dari admin UDoctor.

Sebagai informasi, UDoctor merupakan salah satu proyek di unit eHealth Divisi Solution Convergence PT Telkom. Platform ini akan resmi diperkenalkan pada Oktober 2014. Informasi lengkapnya dapat dikunjungi di http://udoctor.co.id, Facebook  UDoctor Indonesia dan Twitter @UDoctorID.