Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkom International Gabung dalam Konsorsium SEA-ME-WE 5

MAJALAH ICT – Jakarta. Anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang menggarap pasar internasional, Telkom International (Telin), bergabung dalam konsorisum pembangunan sistem kabel laut internasional South East Asia-Middle East-Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5). Selain Telin, ada 12 perusahaan telekomunikasi di Asia dan 2 perusahaan Eropa yang tergabung dalam konsorsium ini.

Menurut Direktur Utama Telin, Syarif Syarial Ahmad, perjanjian kerja sama konsorsium sudah ditandatangai pada pekan lalu.  "Sistem kabel bawah laut SEA-ME-WE 5 merupakan sistem yang mempunyai panjang sekitar 20.000 KM yang terbentang dari Asia Tenggara ke Eropa. Jaringan ini nantinya akan menghubungkan 17 negara yang dilaluinya," katanya.

Dijelasan Syarif, SEA-ME-WE 5 dibangun menggunakan 3 pairs kabel optik dengan kapasitas 25 terrabite per second, artinya dengan kapasitas sebesar itu mampu mengantarkan tranmisi sebesar 30 juta HD video per detiknya.

"Adapun Kabel Laut SEA-ME-WE 5 akan memiliki percabangan ke Indonesia dengan titik pendaratan (landing station) di Dumai dan Medan. Dengan terhubungnya Indonesia langsung dengan SEA-ME-WE 5 Submarine Cable System, kualitas kecepatan layanan data dan internet dari Indonesia ke Eropa akan makin meningkat dan menjadi yang terbaik dari yang pernah ada," jelasnya.

Diungkapkannya juga, kabel Laut SEA-ME-WE 5 juga akan terintegrasi dengan system kabel laut yang telah dimiliki Telin sebelumnya yaitu Asia America Gateway (AAG), South East Asia Japan Cable System (SJC), Batam Singapore Cable System (BSCS), Dumai Malaka Cable System (DMSC) dan sistem kabel domestik lainnya sehingga akan menciptakan konfigurasi jaringan yang komprehensif yang menghubungkan Asia, Eropa, USA dan Indonesia.