Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom Kerja Sama dengan Vietnam Sediakan Jaringan

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) secara resmi mengumumkan perluasan bisnis di Vietnam melalui anak perusahaanya, Telkom Internasional (Telin). Telin bekerjasama dengan CMC Telecom, salah satu operator telekomunikasi di Vietnam, dalam hal penyediaan konektivitas link antara Vietnam dan Indonesia. Kerja sama diresmikan penandatanganannya oleh CEO CMC Telecom, Nguyen Duc Thanh dan Presiden Direktur Telin, Syarif Syarial Ahmad, di Vietnam.

Nguyen Duc Thanh mengatakan kerja sama ini merupakan kolaborasi kemitraan yang sangat strategis, baik sekarang ataupun yang akan datang bagi CMC Telecom. Terlebih perkembangan dunia telekomunikasi dan teknologi di Vietnam ke depan dirasa sangat pesat. Oleh sebab itu, tak salah bila CMC Telecom menjalin hubungan binis dengan Telin karena Telin adalah anak perusahaan dari Telkom yang merupakan operator Telco terbesar di Indonesia. "Sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Vietnam, CMC Telecom berharap kerja sama ini dapat lebih memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih baik,” ujar Nguyen.

Sementara itu, Syarif Syarial Ahmad mengungkapkan perjanjian tersebut adalah dalam hal penyediaan konektivitas link antara Vietnam dan Indonesia. "Harapan kami, kerja sama ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi Telin dan CMC Telecom. Telin mewakili Telkom juga tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut dengan CMC Telecom untuk peluang bisnis lain di Vietnam,” ujar Syarif. Syarif menambahkan, salah satu proyek yang saat ini Telin kembangkan adalah penyediaan link 3 Mbps yang menghubungkan antara PT. Semen Indonesia yang berlokasi di Gresik ke Provinsi Quang Ninh di Vietnam. Pihaknya berharap proyek konektivitas ini dapat diperpanjang ke daerah lain, baik di Vietnam maupun Indonesia, untuk membawa kemudahan komunikasi bagi pelanggan.