Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom Raih Dua Award di Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menerima dua penghargaan di ajang Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) 2013 yang diselenggarakan di Jakarta. Pencapaian Telkom ini didapat dalam kategori “Telecommunication” sebagai Best Corporate Image dan Internet Provider sebagai Corporate Image Excellent dari Majalah Bloomberg Businessweek Indonesia yang bekerjasama dengan Frontier Consulting Group.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Managing Editor Bloomberg Businessweek Indonesia, Pajar Iswara, dan Research Director Frontier Consulting Group, Sylvia Renate Wiranjaya, kepada AVP News & Information Management Telkom, Andri Herawan Sasoko,
 
Menurut CEO Frontier Consulting Group seperti dikutip dari situs resmi Telkom, Handi Irawan, Survei IMAC 2013 melibatkan 2.350 responden, yang terdiri dari 675 responden panel public, 855 responden panel manajemen, 670 responden panel investor, dan 150 responden panel jurnalis. Survei dilakukan dengan cara face to face interview, wawancara melalui telepon dan online survey. Metode pengambilan sampelface to face interview dipakai untuk responden manajemen, purposive sampling untuk investor, dan jurnalis, sedangkanresponden public menggunakan multistage area random sampling.
 
Pengukuran Corporate Image (IMAC) 2013 ini menggunakan 4 dimensi yaitu quality, performance, responsibility, danattractiveness. Dimensi quality terdiri dari 4 atribut yaitu perhatian terhadap konsumen tinggi, produk/jasa berkualitas tinggi, perusahaan yang dapat dipercaya, dan perusahaan yang inovatif.
 
Dimensi performance terdiri dari dua atribut yaitu perusahaan yang memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang serta perusahaan yang dikelola dengan baik. Dimensi responsibility terdiri dari dua atribut yaitu perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan perusahaan yang memiliki tanggungjawab sosial. Dimensi attractiveness terdiri dari dua atribut yaitu perusahaan merupakan tempat kerja idaman dan perusahaan memiliik karyawan yang berkualitas.
 
Handi menambahkan, Corporate Image Index (CII) diperoleh dari rata-rata keempat dimensi quality, performance, responsibility, dan attractiveness. Penentuan pemenang untuk setiap kategori industri (perusahaan dengan Corporate Image Excellent) ditentukan berdasarkan skor CII yang merupakan rata-rata terboboti dari setiap kelompok responden dengan bobot manajemen 40%, investor 30%, jurnalis 20%, dan public 10%. Perusahaan dengan Corporate Image Excellent merupakan perusahaan yang memiliki skor CII lebih besar dari satu dan termasuk dua besar dalam setiap kategorinya. Survei IMAC 2013 ini mencakup 93 kategori industri.