Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Telkom Selesaikan Pembangunan 30 Ribu Meter Persegi Data Center

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) berhasil membangun sekitar 30 ribu m2 data center di Indonesia. Pembangunan ini merupakan perwujudan Indonesia Digital Cloud atau Indicloud merupakan salah satu program Indonesia Digital Network (IDN), mega project yang dimiliki Telkom.

Angka pembangunan tersebut telah mencapai sepertiga dari target seluas 100 ribu m2. Pembangunan data center tersebut di antaranya tersebar di Jakarta dan Surabaya. Kini, Telkom tengah dalam tahap pembangunan di Balikpapan dan Batam.

Direktur Utama Telkom, Arief Yahya, menilai, Balikpapan dan Batam akan menjadi wilayah pembangunan terbaik di Indonesia. "Balikpapan dan Batam juga tergolong wilayah yang bebas dari ancaman gunung berapi," ungkapnya.  
Pembangunan data center ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi yang sangat membutuhkan kestabilan data agar produktivitas dan pelayanan tidak terganggu.
 
Selain untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan, pembangunan data center ini dinilai Arief Yahya memiliki arti sangat penting terutama untuk kedaulatan pengelolaan data negara. Pasalnya, selama ini penyimpanan data nasional masih berada di luar negeri. Kondisi ini dianggap kurang baik karena data rawan disadap. Gangguan akan sulit teratasi karena koordinasi harus melalui luar negeri. "Kami siap menjadi penyelenggara jasa dan layanan data center terbaik," pungkasnya.