Search
Senin 10 Mei 2021
  • :
  • :

Telkom Siap Implementasikan E-Ticketing Kereta Commuter Jabodetabek

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) siap untuk mengimplementasikan Kereta Commuter Jabodetabek. Kesiapan itu dinyatakan oleh Direktur Enterprise and Wholeservices Telkom, M.Awaluddin, setelah melakukan pengecekan kesiapan implementasi layanan e-Ticketing KCJ Jabodetabek, di Stasiun Kota.

Menurut Awaluddin, layanan e-Ticketing merupakan proyek strategis dari PT. Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) dalam rangka mewujudkan konsep transportasi terpadu di Jakarta. Project e-Ticketing juga dipantau pemerintah melalui UKP4 dan merupakan milestone penting dalam mewujudkan Perpres 83 tahun 2011 tentang peningkatan sarana dan prasarana KA bandara dan KA Jabodetabek. Menurut rencana, peluncuran layanan akan dlakukan pada Juni mendatang.

Awaluddin menambahkan, layanan e-Ticketing merupakan proyek strategis dari PT. Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) dalam rangka mewujudkan konsep transportasi terpadu di Jakarta. Project e-Ticketing juga dipantau pemerintah melalui UKP4 dan merupakan milestone penting dalam mewujudkan Perpres 83 tahun 2011 tentang peningkatan sarana dan prasarana KA bandara dan KA Jabodetabek. "Telkom sebagai partner terpercaya dari KCJ diharapkan dapat membantu KCJ menerapkan sistem e-Ticketing di 63 stasiun di seluruh lokasi Jabodetabek dan memenuhi target peluncuran di bulan Juni mendatang," katanya. 
 
Sebagaimana diektahui, oenerapan e-Ticketing bertujuan untuk mengurangi jumlah penumpang yang tidak membayar (free rider), yang mencapai 10% dari total penumpang KRL Jabodetabek, yaitu sebanyak 450.000 orang per hari. Sistem baru ini menggunakan teknologi electronic gate dan aplikasi ticketing yang terhubung antar stasiun yang memungkinkan setiap stasiun terkoneksi. Dengan e-Ticketing, jumlah penumpang dapat teridentifikasi dan meminimalisir kebocoran dalam pembelian tiket. Penerapan e-Ticketing juga merupakan langkah strategis dari PT. KCJ untuk mencapai jumlah target 1,2 juta penumpang per hari di tahun 2015 mendatang.
 
PT. KCJ sendiri merupakan anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia yang menangani transportasi commuter lokasi Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *