Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Telkom, XL dan Indosat Masuk 30 Perusahaan Terbaik Terapkan Good Corporate Governane

MAJALAH ICT – Jakarta. Tiga perusahaan telekomunikasi, yaitu PT Telkom Indonesia, PT XL Axiata dan PT Inodsat dinobatkan oleh Indonesian institute for Coporate Directorship (IICD) masuk dalam 30 perusahaan terbuka yang memiliki skor terbaik dalam penerapan Good Corporate Governence (GCG). Anggota Pembina IICD, Sidharta Utama, menyatakan bahwa penilaian mengacu padan ASEAN Corporate governence Scorecard yang sudah mulai diterapkan untuk perusahaan-perusahaan terbuka di kawasan ASEAN menjelang Integerasi pada 2015.

Menurut Sidharta, penilaian dilakukan kepada 97 perusahan terbuka yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI). "Umumnya perusahaan yang top 30 ini performanya lebih bagus dibanding yang diluar," kata Sidharta.

Dijelaskan, ada 225 pertanyaan menjadi acuan IICD dalam melakukan penilaian. Pertanyaan disesuaikan dengan akses informasi yang dimiliki oleh perusahaan seperti  keterbukaan emiten, hasil RUPS, website resmi dan dari sumber-sumber lainya. "Ini berbeda dengan survei ke perusahan kemudian interview perusahaan dimana harus sukarela mau dinilai. Untuk penilaian ini kita menggunakan informasi publik, semua bisa dinilai," jelasnya.

Namun begitu, kata Sidharta, perolehan skor dan peringkat sesuai dengan hasil kajian tidak bisa di informasikan ke publik. Sehingga, peringkat yang disampaikan saat ini hanya berdasarkan abjad. Berikut ini daftar ke-30 perusahaan tersebut yang dibagi menjadi 3 kategori:

Urutan 1-10 sesuai abjad:
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
PT Aneka Tambang Tbk
PT Bank BPD Jawa Barat dan Banten Tbk
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
PT Bank Internasional Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri Tbk
PT Bank Negara Indonesia Tbk
PT Bank OCBC Tbk
PT Perusahaan Gas Negara Tbk
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Urutan 11-20 sesuai abjad:
PT ABM Investama Tbk
PT Bank Tabungan Negara Tbk
PT Bank CIMB Niaga Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bukit Asam Tbk
PT Indo Tambangraya Megah Tbk
PT Jasa Marga Tbk
PT Medco Energi Internasional Tbk
PT Semen Gresik Tbk
PT XL Axiata Tbk

Urutan 21-30 sesuai abjad:
PT Astra Internasional Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Panin Tbk
PT Bank Permata Tbk
PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk
PT Garuda Indonesia Tbk
PT Indosat Tbk
PT Kalbe Farma Tbk
PT Timah Tbk
PT Wijaya Karya Tbk