Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Telkom Yakini Corporate University akan Berperan Penting

MAJALAH ICT – Jakarta. Corporate University (CorpU) diyakini akan memainkan peran lebih penting dalam upaya meningkatkan kualitas maupun kompetensi sumber daya manusia di dalam perusahaan. Penyataan ini disampaikan Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), Arif Yahya ketika membuka 3rd Asia Corporate University Summit 2013. Menurut Arief, Corporate University (CorpU) jauh lebih efektif dalam mendukung pengembangan human capital dalam menyesuaikan diri dengan kecepatan perubahan lingkungan strategis.



Berdasarkan pengalaman penerapan CorpU di Telkom, Arief Yahya menjelaskan, sejak diluncurkan pada 28 September 2012 lalu, Telkom Corporate University (Telkom CorpU) melalui Global Talent Program telah menghasilkan sebanyak 109 Global Talent atau pencapaian 109 persen dari target awal yang hanya 100 orang. 



"Sedangkan Program International Certification menghasilkan 363 orang lulusan yang berarti pencapaian sebesar 121 persen dari target awal 250 orang," ujar Arief Yahya mengenai penerapan CorpU di Telkom. Para lulusan Telkom CorpU tersebut saat ini banyak menduduki posisi penting khususnya dalam pengembangan bisnis internasional Telkom.



3rd Asia Corporate University Summit 2013 merupakan kegiatan tahunan yang membahas perkembangan dan optimalisasi peranan CorpU di perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia. Kegiatan yang mengambil tema "Energizing Organization Performance through Structured Corporate University" ini membicarakan bagaimana menerapkan CorpU dan berbagi pengalaman dari perusahaan terkemuka baik di dalam maupun luar negeri dalam menerapkan CorpU untuk kemajuan perusahaan.



3rd Asia Corporate University Summit diselenggarakan oleh Telkom dan didukung oleh PLN, Pertamina dan Dibta Group pada 20-21 Maret 2013 dan diikuti oleh sekitar 150 peserta dari lebih dari 46 perusahaan. Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjadi key note speaker, sedangkan Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyampaikan welcome speech.

Pembicara lain yang hadir dan berbagai pengalaman tentang penerapan CorpU adalah pimpinan BUMN terkemuka di Indonesia, antara lain Priyantono Rudito, , Human Capital & General Affairs Director PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk; Eddy D. Erningpradja, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT PLN (Persero); Evita M. Tagor, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) dan Wu Gang, Chairman & CEO Goldwind Science & Technology, Cina. 



Melalui penyelenggaraan 3rd Asia Corporate Summit 2013 dan melihat perkembangan saat ini dimana, para "jebolan" Telkom CorpU mampu memainkan peran penting dalam pengembangan bisnis di perusahaan, Arief Yahya berharap semakin banyak lagi perusahaan yang menerapkan konsep CorpU untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya, khususnya agar perusahaan-perusahaan Indonesia mampu berkompetisi di kancah internasional.