Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Telkomsel Antisipasi 176 BTS yang Berpotensi Alami Gangguan

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam tetap memastikan jaringan berfungsi sebagaimana mestinya di tengah bencana banjir yang terjadi beberapa hari ini, Telkomsel telah melakukan langkah antisipatif. Khususnya terhadap 176 BTS yang berpotensi mengalami gangguan.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan, "Berbagai langkah antisipatif kami lakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam. Sangat penting untuk memastikan kesiapan alat produksi kami demi kelangsungan jaringan dan layanan yang prima bagi pelanggan sekalipun terjadi bencana alam".

""

Khusus untuk menghadapi bencana banjir yang kerap kali terjadi di Jakarta, sepanjang tahun 2013 Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 176 titik BTS yang berpotensi mengalami gangguan dan terendam banjir, untuk dilakukan peninggian lokasi. Selain itu Telkomsel juga menyiapkan 6 posko siaga banjir di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, Gedung Atrium Mulia, Serang dan Karawang. Di tiap posko akan disiapkan pendukung alat produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity). 

"Pembentukan tim tanggap bencana TERRA merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap para karyawan dan keluarganya sekaligus para pelanggan dan masyarakat Indonesia. Tim dengan keahlian khusus di bidang tanggap bencana ini siap menurunkan ke daerah-daerah bencana untuk melakukan evakuasi, sekaligus melakukan recovery bila terjadi gangguan pada jaringan, mengingat ketersediaan jaringan telekomunikasi saat bencana amat penting untuk percepatan tindakan penyelamatan", ujar Abdus Somad. 

Sejak tahun 2010 Telkomsel telah melakukan pelatihan tanggap darurat bencana kepada 300 karyawan di 10 regional Telkomsel. Adapun beragam peralatan ataupun perlengkapan yang diberikan ke 10 regional tersebut untuk mendukung kebutuhan tanggap darurat bencana, antara lain berupa perahu karet, tenda media center, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, genset dan alat pendukung lainnya.

Menghadapi banjir yang terjadi di Jakarta, hari ini tim Siaga Bencana Telkomsel menerima penyematan rompi sebagai simbolisasi peningkatan kesiagaan bagi Telkomsel di seluruh wilayah Tanah Air dalam menghadapi dan mengantisipasi situasi buruk yang terjadi akibat bencana. Demo beberapa alat pendukung juga dilakukan untuk memeriksa kesiapan alat produksi dan kelengkapan pendukungnya agar dapat berfungsi secara  optimal.