Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkomsel dan LEN Sepakati Kerja Sama Penelitian LTE dan BTS Hijau

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telkomsel menggandeng PT LEN Industri dalam penelitian dan pengembangan teknologi Long term evolution (LTE). Penandatanganan Memorandum of Understanding tersebut dilakukan oleh Vice President Technology and System Telkomsel Ivan C Permana dan Vice President Pusat Teknologi dan Inovasi LEN Agung Darmawan.

Selain dalam hal penelitian dan pengembangan teknologi 4G LTE, kerja sama juga termasuk penelitian dan pengembangan Solar Charge Controller untuk Base Transceiver Station (BTS). Hanya saja untuk LTE, Telkomsel LEN masih menunggu regulasi tentang LTE dari pemerintah namun kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang LTE guna mendukung implementasi teknologi LTE di Indonesia.

Kerja sama antara Telkomsel dan LEN bertujuan untuk pengembangan sistem energi untuk BTS di masa mendatang. Seperti dalam hal Solar Charge Controller, yang akan diimplementasikan pada BTS Telkomsel di remote area, sekaligus mendukung program pemerintah untuk menggalakkan BTS Hijau atau green energy.
 
"Mengingat posisi perusahaan kami yang kini memegang peranan sebagai penyedia layanan telekomunikasi yang terbaik di Indonesia, dengan pelanggan yang berjumlah 131, 5 juta pengguna, sangat mungkin jika Telkomsel membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu Telkomsel dalam rangka meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan,” ungkap Ivan.  

"Mudah-mudahan kolaborasi ini dapat berkesinambungan dengan menghasilkan produk-produk lain yang inovatif, ramah lingkungan, dan bermanfaat untuk khalayak banyak, serta dapat dilakukan pengembangan lain dari produk Telkomsel,” lanjut Ivan. Ke depan, ada beberapa produk lain di bidang ICT dengan peluang bisnis yang cukup menjanjikan yang dapat disesuaikan dengan infrastruktur yang dimiliki oleh Telkomsel seperti Machine to Machine communication, Smart Card & Card Reader dan sebagainya..